Ketua DMI Datangi Ketua DPRD Kota Surabaya, Ada Apa?

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 23:59 WIB
Ketua DMI Datangi Ketua DPRD Kota Surabaya, Ada Apa?
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya, Arif Afandi menemui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Adi Sutarwiyono.
A A A
SURABAYA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya, Arif Afandi menemui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Adi Sutarwiyono di Jalan Yos Sudarso, Jumat (18/102019).

Arif Afandi datang bersama Sekretaris DMI Nur Hasan, Wakil Ketua Moh. Munif dan Taufik Mukti, Bendahara Mohamad Jamil, dan M. Hudi Nurwulan.

Arif yang juga mantan Wakil Walikota Surabaya itu mengundang Ketua DPRD untuk hadir dalam Musayawarah Daerah (Musda) DMI Kota Surabaya yang akan berlangsung di Primebiz Hotel, Minggu, (20/10/2019)

"Selain itu, kami ingin menyelaraskan program-program DMI mendatang dengan program Pemerintah Kota Surabaya. Kami ingin bersama-sama menjadikan Masjid sebagai salah satu pusat peradaban kota," katanya.

Selain menemui Ketua DPRD, DMI Kota Surabaya telah mengajukan permohonan audiensi ke Walikota Tri Rismaharini. Namun, sampai dua hari jelang Musda, belum ada jawaban dari walikota. Menurut kabar, orang pertama di Surabaya itu sedang berada di luar negeri.

Sementara itu, Adi Sutarwiyono menyambut baik ajakan DMI Kota Surabaya. Ia berharap DMI ikut ambil bagian dalam menciptakan rasa aman dan ambil bagian dalam membangun kerukunan antarumat beragama.

"Surabaya itu kan kota metropolitan yang warganya sangat beragam. Kami berterima kasih atas apa yang telah dilakukan DMI Kota Surabaya dalam hal ini. Kami akan ikut mendukung sesuai dengan kewenangan-kewenangan kami," kata Ketua DPC PDI Perjuangan ini.

Arif manambahkan, masjid di perkotaan memang seharusnya menjadi pusat peradaban. Ia tidak hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga ikut membangun kultur masyarakat madani yang ramah, terbuka terhadap kelompok masyarakat lainnya, dan membangun disiplin warga kota.

Dalam rangka menyelaraskan program-program DMI dengan Pemerintah Kota Surabaya, Arif juga minta ada unsur dari DPRD Surabaya dalam kepengurusan DMI. "Selama ini, kami berjalan sendiri secara mandiri. Padahal, pembinaan masjid seharusnya menjadi kerja bersama," tambah Arif.

Selama ini, kegiatan DMI lebih mengarah ke pembinaan manajamen masjid dan mendorong kegiatan memakmurkan masjid. Selain itu, juga menggelar lomba kebersihan masjid dan kompetisi antarmasjid dalam hal memakmurkan tempat ibadah tersebut.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0798 seconds (0.1#10.140)