Pentingnya Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Minggu, 20 Oktober 2019 - 13:30 WIB
Pentingnya Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata
Petugas melakukan pemeriksaan mata gratis dalam acara Surabaya Fashion Week 2019, di Grand City Surabaya. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Mata, salah satu bagian tubuh yang paling vital. Menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan, supaya bisa melihat dengan baik.

Selain itu, guna menghindari gangguan mata seperti katarak, kelainan refraksi ataupun glaukoma yang bisa terjadi kapan saja, juga perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan rutin.

Dokter mata spesialis Glaukoma, dr Dewi Rosarina, mengungkapkan, merawat kesehatan mata harus dilakukan secara rutin. Baik untuk yang memakai kacamata atau bukan pemakai kacamata.

"Yang pasti kita harus menjaga mata dan penglihatan kita supaya bisa melihat dengan baik. Salah satu caranya adalah harus rutin merawat mata, termasuk memanfaatkan obat yang sesuai dengan anjuran dokter," kata dia di Surabaya Fashion Week 2019, di Grand City Surabaya.

Dewi mengatakan, bagi pemakai kacamata pemeriksaan idealnya dilakukan secara rutin dalam rentang waktu setengah tahun sekali. Namun bagi yang tidak pakai kacamata cukup setahun sekali.

"Kalau pakai kaca mata alangkah baiknya memeriksakan mata 6 bulan sekali. Tapi kalau gak pakai minimal 1 tahun sekali," kata dia.

Sedangkan untuk perawatan sehari-hari, dia menyarankan supaya membatasi penggunaan smartpone dan komputer. Terlalu lama bekerja di depan layar komputer maupun smartphone, akan menyebabkan mata menjadi tegang. Pandangan pun kabur, kesulitan melihat fokus pada jarak jauh. Mata kering, sakit kepala dan nyeri pada punggung, leher serta bahu.

"Penggunaan gadget sendiri maksimal 2 jam, diselingi istirahat dan keluar dari ruangan tertutup. Tapi harus dicatat bahwa istirahat mata bukan tanpa melihat telepon seluler (ponsel) tapi malah melihat televisi. Alangkah baiknya keluar ruangan dan melihat pandangan jauh," kata dia.

Pengecekan dan perawatan mata, kata dia, juga untuk mendeteksi satu penyakit mata yang tidak dapat cegah yaitu Glaukoma. Pengobatan penyakit mata Glaukoma hanya untuk menjaga kondisi mata agar tidak semakin parah ke depannya.

"Karena glaukoma ini penyakit kronis progresif artinya tetap harus kontrol dan dicek terus tekanan bola matanya. Maka dari itu pemeriksaan sedini mungkin menjadi penting untuk dilakukan," kata dia.

Dokter Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) ini menjelaskan, pengobatan glaukoma bukan untuk mengembalikan penglihatan secara normal, namun untuk mempertahankan keadaan lapangan pandang yang sudah menyempit agar tidak semakin parah. Pada usia 40 tahun sudah harus rutin memeriksakan mata.

"Apalagi bagi seseorang yang memiliki keturunan glaukoma harus lebih waspada. Sebab glaukoma juga bisa terjadi karena faktor gen. Untuk meninimalisir keadaan-keadaan yang lebih parah, sebab jika dibiarkan glaukoma bisa mengakibatkan kebutaan," jara dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6154 seconds (0.1#10.140)