Angin Kencang Terjang Batu, Ribuan Warga Sumberbrantas Mengungsi

Minggu, 20 Oktober 2019 - 19:57 WIB
Angin Kencang Terjang Batu, Ribuan Warga Sumberbrantas Mengungsi
Warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, mengungsi di Balai Desa Punten, Kecamata Bumiaji, Kota Batu, karena bencana angin kencang, Minggu (20/10/2019). Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
KOTA BATU - Ribuan warga dari Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terpaksa harus dievakuasi dari desanya, karena bencana terjangan angin kencang.

Angin bertiup sangat kencang, bercampir debu, daun, serta ranting. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, mencatat ada pelasan rumah warga rusak akibat bencana ini.

Jalur lalulintas di Desa Sumberbrantas, yang menghubungkan Kota Batu, dengan wilayah Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan, terpaksa ditutup total karena sangat berbahaya.

"Jalur lalulintas terpaksa kami tutup total, karena sangat membahayakan. Beberapa kali terjadi pohon tumbang. Selain itu, jalur juga kami gunakan untuk proses evakuasi," ujar Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito.

Dia juga menyebutkan, ada tiga tempat yang dibuka untuk pengungsian. Yakni di Balai Desa Punten, Posko BPBD Kota Batu, dan Rumah Dinas Wali Kota Batu. "Khusus lansia, anak-anak, dan balita kami tempatkan di rumah dinas wali kota," ujarnya.

Angin Kencang Terjang Batu, Ribuan Warga Sumberbrantas Mengungsi


Salah seorang pengungsi, Sukesi (53) mengaku, angin kencang sudah dirasakan sejak Sabtu (19/10/2019) malam, sekitar pukul 22.00 WIB. "Pada Minggu (20/10/2019) pagi, angin sedikit reda," ujarnya.

Melihat kondisi di pagi hari yang mulai mereda, dia dan keluarganya berusaha bertahan di dalam rumah. Namun, pada Minggu (20/10/2019) sore, angin bertiup sangat kencang, sehingga memaksa dia dan keluarganya mengungsi.

"Tadi saya dievakuasi bersama 16 orang, semua masih keluarga. Ada balita empat bulan juga, terpaksa kami ajak mengungsi karena anginnya sangat kencang," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0153 seconds (0.1#10.140)