Gubernur Siap Bantu Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Batu

Senin, 21 Oktober 2019 - 09:10 WIB
Gubernur Siap Bantu Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Batu
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan akan membantu Pemkot Batu pulihkan pasca bencana puting beliung.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa siap bekerjasama dengan Pemkot Batu untuk percepatan pemulihan pasca bencana angin kencang di Batu. Gubernur akan membantu penanganan pengungsi di pos-pos pengungsian.

Diketahui, angin kencang melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Sabtu (19/20/2019) sekitar pukul 23.30 WIB. Sampai pada hari Minggu (20/10/2019) angin masih berhembus kencang. Wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh.

Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi.

"Siang ini ibu Gubernur akan kesana (Batu) langsung melihat kondisi lokasi dan juga para pengungsi," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Jatim Aries Agung Paewai di Surabaya, Senin (21/10/2019).

Peristiwa ini telah menelan satu korban jiwa dan beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan. Angin kencang tersebut mengakibatkan 20 rumah di Desa Sumbergondo, fasilitas umum, jaringan komunikasi, jaringan listrik rusak.

"Pagi ini OPD (organisasi perangkat daerah) terkait diminta ibu Gubernur langsung melakukan langkah untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan pengungsi," tandas Aries.

Saat ini, ribuan orang telah mengungsi. Mereka tersebar di sejumlah titik pengungsian. Rinciannya, di Posko PB BPBD Kota Batu 351 jiwa, Rumah Dinas Wali Kota Batu 122 jiwa, Balai Desa Punten 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa dan di SDN 1 Punten 173 jiwa.

"Dari pihak kepolisian, kami membantu untuk mengurai kelancaran lalu lintas dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pendirian pos pelayanan kesehatan dan dapur umum. Kami juga akan mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan warga," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1688 seconds (0.1#10.140)