Pengungsi Bencana Angin Kencang di Kota Batu, Mulai Dipulangkan

Selasa, 22 Oktober 2019 - 16:46 WIB
Pengungsi Bencana Angin Kencang di Kota Batu, Mulai Dipulangkan
Pengungsi bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, mulai dipulangkan ke rumah masing-masing, pada Selasa (22/10/2019) sore. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
KOTA BATU - Kondisi cuaca yang berangsur membaik, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, memutuskan memulangkan para pengungsi ke rumah masing-masing.

(Baca juga: Bantuan Melimpah, BPBD Kota Batu Hentikan Penerimaan Bantuan )

Selain telah melakukan evaluasi berdasarkan hasil pemantauan di lapangan. Tim BPBD Kota Batu, bersama TNI, Polri, dan para relawan, juga telah melakukan upaya perbaikan fasilitas umum, serta rumah penduduk.

"Berdasarkan informasi dari tim kami di lokasi Desa Sumberbrantas, disampaikan bahwa untuk saat ini cuaca di Desa Sumberbrantas sudah baik. Cuaca terpantau cerah dengan kondisi angin normal," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Abdul Rochim

Dia juga menyebutkan, kondisi jalan raya sudah bersih dari material pohon tumbang. Dari lapangan terpantau juga bahwa kebutuhan air bersih sudah bisa disediakan dengan baik, kondisi jaringan listrik sudah pulih sekitar 90 persen, demikian juga kondisi jaringan telekomunikasi sudah pulih sekitar 90 persen.

"Secara umum kondisi di Desa Sumberbrantas sudah mulai kondusif. Tim kami sedang melakukan pendataan jumlah kerugian material dari dampak bencana angin kencang," imbuhnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi di Kantor BPBD Kota Batu, yang dihadiri oleh seluruh pemegang kebijakan, akhirnya disepakati untuk melaksanakan pemulangan pengungsi sore hari ini.

"Saat ini masih dilaksanakan proses penyiapan pemulangan di masing-masing pos pengungsian sambil menunggu kedatangan kendaraan untuk pemulangan," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2234 seconds (0.1#10.140)