Operasi Zebra Semeru 2019, Polantas Sidoarjo Bagi Kupon Berhadiah

Rabu, 23 Oktober 2019 - 11:55 WIB
Operasi Zebra Semeru 2019, Polantas Sidoarjo Bagi Kupon Berhadiah
Mulai hari ini Rabu (23/10), Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo menggelar razia operasi Zebra Semeru 2019 disejumlah titik di kawasan kota Sidoarjo. Foto/SINDOnews/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Seiring dimulainya Operasi Zebra Semeru 2019, Mulai hari ini Rabu (23/10), Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo menggelar razia operasi Zebra Semeru 2019 di sejumlah titik di kawasan kota Sidoarjo.

Uniknya, dalam razia itu, polisi juga membagikan kupon berhadiah bagi pengendara yang tertib berlalu lintas.

Salah satu titik operasi digelar di depan pendapa Sidoarjo. Di kawasan Alun-alun Sidoarjo itu, polisi langsung memberhentikan sejumlah pengendara motor yang melintas.

Mulai dari kelengkapan administrasi, hingga kelengkapan sparepart kendaraan tak luput diperiksa. Bagi pengendara yang tidak lengkap dan tidak tertib, juga langsung ditindak dengan surat tilang.

Namun, beruntung bagi pengendara yang tertib saat terjaring razia. Pagi itu, polisi membagikan kupon berhadiah. "Terima kasih, saya ndak menyangka. Baru kali ini ada razia dapat kupon," ucap Rudi, seorang pengendara, warga Candi di lokasi.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 20 ribuan kupon selama 14 hari operasi kedepan. "Hadiah utamanya motor, dan ada hadiah menarik lain," kata mantan Kasi STNK Subdit Regident Polda Jatim itu.

Fahrian juga menjelaskan, pemberian kupon ini sebagai bentuk apresiasi pengguna jalan yang sudah tertib. Selama ini hanya ada penindakan atau punishment bagi pengendara yang tidak tertib. Tetapi belum ada apresiasi bagi yang tertib. "Agar bisa mengedukasi masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho juga menegaskan, operasi zebra hari ini bersifat kewilayahan. "Artinya disesuaikan dengan kondisi kerawanan masing-masing wilayah," kata dia.

Ada delapan fokus utama penindakan operasi zebra di Polresta Sidoarjo. Di antaranya, pengendara yang tidak membawa SIM atau STNK, menggunakan handphone (hp), tidak mengenakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat atau lebih, pengendara di bawah umur, melawan arus, tidak mengenakan helm SNI, over speed, dan pengendara yang terpengaruh alkohol.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7955 seconds (0.1#10.140)