alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dilengkapi NVG, Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle Makin Garang

Yuswantoro
Dilengkapi NVG, Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle Makin Garang
Kadisoplatau Marsma TNI Kusworo membuka latihan penggunaan Night Vision Goggles (NVG), di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi. Foto/Penerangan Lanud Iswahjudi

MADIUN - TNI AU melengkapi pesawat tempur T-50i Golden Eagle di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, dengan Night Vision Goggles (NVG), sehingga semakin garang di malam hari.

Perlengkapan ini sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman, pemahaman, dan peningkatan kemampuan penerbang tempur khususnya yang ada di Skadron udara 15.

Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisoplatau) Marsma TNI Kusworo menegaskan, kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat baik pesawat tempur maupun peralatannya, menuntut para penerbang TNI AU harus memiliki kemampuan terbang malam hari.



"Kemampuan terbang malam harus sama dengan terbang siang hari. NVG yang dapat membantu penglihatan penerbang saat malam hari. Dalam latihan beberapa hari ke depan akan diadakan latihan Ground school, Basic NVG theory, NVG handling dan human performance using NVG serta praktek terbang," tegasnya.

Dengan peralatan ini, dapat meningkatkan kemampuan tempur di malam hari. NVG dapat membantu penglihatan penerbang saat malam hari. Saat operasi terbang malam, para penerbang akan semakin baik.

Kusworo berpesan kepada penerbang untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi selama melaksanakan latihan. "Jangan perpaku terhadap satu hal yang menjadi kebiasaan tetapi temukan hal-hal baru yang dapat membangun dan meningkatkan kemampuan di masa yang akan datang," imbuhnya.

Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra memberikan pesan, agar selama latihan tetap mengedepankan keamanan. "Tetaplah bertindak sesuai prosedur dan tentunya jangan lupa berdoa," tegasnya

"Latihan NVG ini baru pertama kali dilatihkan bagi penerbang tempur TNI AU. Menurut rencana pelatihan akan berlangsung hingga 1 November 2019. Kebetulan Skadron Udara 15 mendapat giliran pertama kali untuk melaksanakan NVG Trainning," ujar Komandan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Letkol Pnb. Dharma Gultom.



(eyt)

loading...