Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Risma Langsung Tancap Gas

Kamis, 24 Oktober 2019 - 19:47 WIB
Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Risma Langsung Tancap Gas
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, bakal menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2021. Foto/Humas Pemkot Surabaya
A A A
SURABAYA - FIFA memastikan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021. Hal ini, langsung disambut baik Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

(Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ini 10 Stadion yang Disiapkan )

Apalagi dari sepuluh stadion yang diajukan PSSI ke FIFA dalam bidding, adalah Gelora Bung Tomo (GBT) yang ada di Kota Pahlawan.

"Makanya, saya siapkan semuanya, misalkan fiber optik di Gelora Bung Tomo, beberapa lapangan pendukung yang setengah jam tak jauh dari lapangan utama, maupun tempat penginapan. Insyaallah akan kita siapkan," kata Risma, Kamis (24/10/2019) malam.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dilakukan di FIFA Council Meeting, Shanghai, China (24/10/2019), dengan mengalahkan Peru dan Brasil dalam bidding.

Risma pun berjanji akan sekuat tenaga untuk menyiapkan Stadion GBT sebagai venue pertandingan, meski saat penyelanggaraan nantinya, dirinya sudah tak menjabat lagi sebagai Wali Kota Surabaya. Pasalnya, tahapan yang harus dilalui agar bisa menjadi tuan rumah begitu berat. Enam bulan lagi akan ada evaluasi proses persiapan yang telah dilakukan.

Pemkot Surabaya, segera mungkin akan melakukan pembenahan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Meski sesuai persyaratan, sebenarnya stadion yang ada di Kota Pahlawan sudah memenuhi syarat.

"Enam bulan cukup untuk pembenahan, terutama untuk lapangan pendukung. Untuk kursi Single Seat awal tahun kita lelang. Saat evaluasi nanti, kita sudah siapkan Single Seat," ucapnya.

Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific ini menambahkan, beberapa fasilitas lainnya yang disiapkan, seperti Sentel Ban, tempat pemanasan, termasuk lampu penerangan.

Ia pun berjanji sebelum evaluasi, semua fasilitas telah siap. Mengenai akses jalan menuju Stadion GBT, dia akan memperbaiki akses jalan utama, juga akan memanfaatkan jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) yang menjadi pendukung akses.

"Saya akan menghadap menteri PUPR untuk membantu percepatan akses ini, termasuk PT Pelindo untuk Fly Over. Karena dari Fly over aksesnya melewati sekitar TPA, kemudian masuk ke stadion," tegasnya.

Risma pun berharap Kota Surabaya tak sekadar sebagai tuan rumah Piala dunia U-20, namun juga sebagai venue utama atau tempat penyelenggaraan finalnya. Untuk itu, pembenahan dilakukan dilakukan secara menyeluruh, diantaranya lima lapangan pendukung, seperti Gelora 10 Nopember, Lapangan Karang Gayam, Lakarsantri, dan Sambikerep.

"Kalau soal anggaran, mulai saat ini hingga 10 Nopember nanti ada pembahasan APBD, nanti kita masukkan anggarannya ke situ. Besarnya, masing-masing dinas yang tahu Dinas PU untuk jalannya, dispora untuk embenahan rumputnya, pembenahan gedung ada di Cipta Karya, sedangkan penerangan lampu di DKRTH," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8958 seconds (0.1#10.140)