Pasukan Khusus AS Dilaporkan Berhasil Tewaskan Pemimpin ISIS

Minggu, 27 Oktober 2019 - 18:37 WIB
Pasukan Khusus AS Dilaporkan Berhasil Tewaskan Pemimpin ISIS
Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam penggerebekan yang dilakukan oleh pasukan khusus AS. Foto/Istimewa
A A A
WASHINGTON - Pasukan khusus militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah melakukan operasi penyerbuan khusus yang menargetkan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

"Serangan itu, yang terjadi Sabtu, telah disetujui oleh presiden seminggu sebelumnya," demikian laporan yang ditulis oleh Newsweek seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (27/10/2019).

Seorang pejabat senior Pentagon dan seorang pejabat Angkatan Darat AS mengatakan kepada Newsweek bahwa Baghdadi adalah target operasi rahasia di provinsi Idlib Suriah.

Pejabat Angkatan Darat AS mengatakan, Baghdadi tewas terbunuh dalam serangan itu. Sumber Pentagon menambahkan bahwa departemen itu memiliki "kepercayaan tinggi" bahwa target bernilai tinggi yang terbunuh selama serangan itu adalah Baghdadi, tetapi verifikasi lebih lanjut sedang dilakukan.

Laporan tersebut mencatat bahwa serangan itu terjadi di provinsi Idlib, yang saat ini dikendalikan oleh milisi Islam Suriah, termasuk Hayat Tahrir al-Sham - bekas Front Nusra - yang bentrok dengan ISIS dalam beberapa tahun terakhir.

"Serangan itu disahkan setelah Komando Operasi Khusus Gabungan menerima laporan intelijen yang dapat ditindaklanjuti, karena lokasi target telah di bawah pengawasan selama beberapa waktu," tulis Newsweek.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Trump memposting sebuat tweet yang mengatakan bahwa sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi. Tweet ini berhasil menuai 45.000 komentar.

Kemudian juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley juga mengumumkan bahwa Trump akan membuat pernyataan penting pada Minggu pagi pukul 09.00 waktu setempat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
(
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7151 seconds (0.1#10.140)