Ini Keseruan Siswa SLB Dapat SIM Gratis di Hari Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2019 - 19:35 WIB
Ini Keseruan Siswa SLB Dapat SIM Gratis di Hari Sumpah Pemuda
Para siswa SLB A/B Kemala Bhayangkara mengikuti tes pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) A/B Kemala Bhayangkara dapat tersenyum lega. Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadikan mereka dapat fasilitas SIM gratis.

Namun, untuk mendapatkan SIM, para siswa ini harus mengikuti proses seperti pemohon umumnya. Mulai dari pengisian formulir data diri. Melakukan ujian teori dan praktik berkendara.

Para siswa didampingi oleh sejumlah guru dan petugas Satpas. Dan dipandu langsung oleh Aiptu Jailani. Usai melalui sejumlah proses, para siswa itu mendapatkan SIM D.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Erika Purwana Putra mengatakan, pemberian SIM gratis ini dalam rangka memperingati hati sumpah pemuda. Secara prosedur, tidak ada yang diperlakukan khusus. "Hanya masalah tes kesehatan saja yang kami permudah," ungkapnya, Senin (28/10/1019).

Para siswa penyandang disabilitas ini mendapatkan SIM D. SIM tersebut khusus bagi para difabel. Sepanjang tahun 2019 ini sudah sekitar 30 orang penyandang difabel yang mendapatkan SIM.

Muhammad Iqbal Falah, salah satu pemohon menyatakan, kali pertama dirinya mengikuti tes praktik SIM di Satpas Satlantas Polres Gresik. Dua ujian sudah dilalui dengan mendapatkan nilai yang baik. Yaitu, lulus dapat nilai 75. "Sekarang saya tidak takut ditilang karena sudah punya SIM," aku penderita tuna grahita itu yang juga mengaku senang.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0021 seconds (0.1#10.140)