Puluhan TKI Ilegal Tujuan Malaysia Diamankan TNI Angkatan Laut

Selasa, 29 Oktober 2019 - 15:00 WIB
Puluhan TKI Ilegal Tujuan Malaysia Diamankan TNI Angkatan Laut
Sebanyak 25 TKI yang diduga ilegal didata oleh TNI Angkatan Laut. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat menuju Malaysia dari Pare-Pare Sulawesi Selatan, harus berurusan dengan aparat keamanan dari TNI Angkatan Laut. Mereka diamankan petugas lantaran diduga tidak memiliki dokumen resmi dari pemerintah.

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T.Whimbo, pada Sabtu (26/10) tim gabungan Koarmada II yang terdiri dari personel Lanal Nunukan, Tim Kopaska dan Detasemen Intelijen (Denintel) Koarmada II yang sedang melaksanakan patroli di perairan Nunukan, berhasil mengamankan kapal penumpang KM. Thalia dari Pare-Pare Sulawesi Selatan.

"Kapal tersebut diduga melakukan penyelundupan sebanyak 25 TKI ilegal dari Pare-Pare Sulawesi Selatan menuju Malaysia," katanya, dalam siaran pers, Selasa (29/10/2019).

Selanjutnya, lanjut Whimbo, tim gabungan langsung melaksanakan penyelidikan kepada penumpang dan barang muatan serta melaksanakan penyekatan terhadap kapal-kapal yang melintas. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan sebuah longboat bermuatan bahan campuran.

"Namun setelah dilaksanakan pemeriksaan yang lebih komprehensif dengan menggunakan X-ray dan pembongkaran muatan di pelabuhan tujuan tidak ditemukan barang berbahaya ataupun Narkoba," kata dia

Menurut keterangan Junaidy, pemilik longboat yang juga berperan sebagai motoris, barang tersebut dimuat oleh Sdr. Sukirman dari pelabuhan Babangan untuk diantarkan kepada Sdr. Wuli yang sudah menunggu di pelabuhan Nunukan.

Barang-barang tersebut rencananya dikirim ke Sulawesi dengan mengunakan kapal KM. Thalia jurusan Nunukan Pare-Pare.

Whimbo mengatakan, operasi ini bagian dari operasi rutin intelijen yang dilaksanakan sepanjang tahun oleh Denintel Koarmada II di lingkup wilayah kerja Koarmada II.

"Terkait status kapal Thalia dan para penumpang yang terjaring, akan dilakukan pendalaman oleh Lanal Nunukan yang berada dibawah komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XIII) Tarakan, Koarmada II,"terangnya.

Selanjutnya kapal yang membawa penumpang yang diduga TKI dari Nunukan menuju ke Malaysia tersebut akan dikawal menuju Lanal Nunukan untuk dilaksanakan pendalaman lebih lanjut yang melibatkan BP3 TKI Nunukan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6905 seconds (0.1#10.140)