Kampus Belanda Jaring Mahasiswa Surabaya

Selasa, 29 Oktober 2019 - 21:00 WIB
Kampus Belanda Jaring Mahasiswa Surabaya
Pengunjung sedang mencari informasi terkait pendidikan di Belanda.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Sebanyak 11 perguruan tinggi (PT) dari Belanda menggelar pameran di Surabaya, tepatnya di hotel Four Points Jalan Embong Malang.

Acara bertajuk Dutch Placement Day (DPD) 2019 itu diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Di acara DPD ini, pengunjung dapat berkonsultasi langsung dengan delegasi dari universitas Belanda, mengikuti presentasi yang diberikan oleh universitas dan lembaga pengelola beasiswa, berpartisipasi dalam seminar menulis motivation statement, atau seminar pendidikan untuk guru dan orang tua serta mengikuti test simulasi IELTS.

Kampus yang menggelar pameran berasal dari sejumlah kota di Belanda. “Acara seperti ini setiap tahun kami gelar. Tujuannya untuk memperkenalkan kampus-kampus yang ada di Belanda,” kata Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, alasan universitas tersebut berpartisipasi pada acara DPD di Surabaya karena mereka melihat besarnya potensi warga Surabaya untuk sekolah di luar negeri. Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda cukup tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar online sampai dengan kemarin yang sudah lebih dari 700. Jumlah itu terdiri dari pelajar, mahasiswa, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademisi.

“Sektor pendidikan tinggi Belanda menyediakan lingkungan belajar yang sangat berorientasi internasional. Sebagai international student, pelajar Indonesia akan disambut oleh masyarakat Belanda yang dinamis, menghargai perbedaan, dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris” ujar Peter.

Sebagai negara yang mempunyai keterikatan sejarah dengan Indonesia, lanjut dia, pelajar Indonesia di Belanda akan menemukan banyak hal yang akan membuat dirinya feels like home.

Seperti beberapa kata bahasa Indonesia yang sama dengan bahasa Belanda, makanan dan restaurant Indonesia yang tersedia di pusat keramaian, serta perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) yang selalu menghadirkan acara di setiap kota di Belanda.

“Belanda menawarkan pengalaman yang lengkap bagi pelajar Indonesia. Tidak hanya datang untuk melihat bunga tulip atau kincir angin saja, tetapi wawasan mengenai Eropa akan terbuka secara otomatis ketika melanjutkan studi di Belanda,” tandasnya.

Nuffic Neso Indonesia adalah kantor perwakilan Nuffic, organisasi non-profit di Belanda yang ditunjuk resmi untuk menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan dan didanai oleh pemerintah Belanda
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4473 seconds (0.1#10.140)