alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menebak Gaya Permainan Persebaya Ala Aji Santoso

Aan Haryono
Menebak Gaya Permainan Persebaya Ala Aji Santoso
Pelatih Surabaya Aji Santoso. Foto/Ist

SURABAYA - Aji Santoso bukan orang baru di Persebaya Surabaya. Mantan fullback Timnas Indonesia ini mengenal betul dapur permainan Tim Bajol Ijo.

Kedatangan Aji diharapkan menjadi kepingan puzzle yang dicari Green Force selama ini. Sekaligus mengembalikan permainan apik Persebaya.

Aji sendiri dikenal sebagai tipikal pelatih yang suka dengan gaya menyerang di sepak bola. Formasi 4-3-3 yang selama ini diterapkan di Persebaya sudah sesuai dengan kemauannya.



"Dari jaman dulu filosofi permainan Persebaya sebenarnya tidak berubah, mengandalkan umpan pendek cepat," kata Aji, Jumat (1/11/2019).

Materi pemain yang dimiliki Persebaya juga cocok dengan gaya main Aji. Deretan pemain seperti Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Octafianus Fernando dan Diogo Campos merupakan tipe pemain yang disukai Aji

"Saya ingin mengembalikan permainan bola pendek dengan aliran cepat khas Persebaya," ucapnya.

Aji juga dibekali deretan fullback yang militan. Ada sosok Ruben Karel Sanadi di sektor kiri dan Abu Rizal Maulana di sisi kanan. Sehingga Aji memiliki opsi penyerang yang cukup beragam.

Dengan formasi 4-3-3, Aji bisa memaksimalkan materi pemain yang ada serta kedalaman skuat yang dimiliki.

Aji juga bisa memainkan strategi 4-4-2 dengan mengeser ke depan Diogo Campos menemani David Da Silva sebagai tukang gedor. Formasi 4-4-2 bisa menjadi alternatif ketika mengalami kebuntuan.

Dukungan pemain tengah seperti Aryn Williams dan Misbakus Solihin akan menyempurnakan ritme umpan pendek yang menjadi gaya permainan Persebaya. Tentu dukungan dari Rendi Irwan yang fullskill bisa dimaksimalkan dengan umpan-umpan manja.

Tugas penting lainnya, Aji harus bisa mengembalikan soliditas dua menara kembar di belakang, yakni Hansamu Yama dan Otavio Dutra yang dalam beberapa pertandingan terakhir kurang fokus dalam antisipasi bola.



(nth)

loading...