Angkat Sejarah Pendidikan, Mahasiswa Unair Jadi Jawara LKTIN

Jum'at, 01 November 2019 - 17:10 WIB
Angkat Sejarah Pendidikan, Mahasiswa Unair Jadi Jawara LKTIN
Mahasiswa FIB Unair berhasil menyabet Juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) History Days 2019.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Tiga mahasiswa Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu dan Budaya (FIB) Universitas Airlangga berhasil menyabet Juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) History Days 2019.

Pada lomba yang digelar Universitas Padjadjaran ini, mereka menyoroti gaya hidup orang-orang elit terpelajar yang mendapatkan pendidikan dengan orang-orang awam yang tidak mendapatkan pendidikan dari dasar sekolah Belanda.

Topik tentang pendidikan yang mempengaruhi gaya hidup kaum Bumiputera itu menarik mereka, karena banyak tokoh-tokoh nasional yang dulunya menimba pendidikan di Surabaya. Selain itu, gaya hidup soal pendidikan belum banyak dibahas dan jarang disoroti dalam ilmu sejarah.

Para mahasiswa yang digawangi Najib Zahrou, Noviani Mariyatul Hakim, dan Nabila Amelia itu melihat sejarah pendidikan yang menjadi pondasi terbentuknya nasionalisme.

Salah satu anggota tim, Nabila Amelia menuturkan, pihaknya menyiapkan struktur atau komposisi tulisan yang pas, pengumpulan sumber baik dari literatur dan wawancara, serta penyesuaian pendapat antar anggota.

"Kami harus mencocokkan cerita dari narasumber di lapangan dengan sumber-sumber tertulis yang kami temukan,” kata Nabila, Jumat (1/11/2019).

Noviani Mariatul Hakim, salah satu anggota tim yang lain mengatakan, sering kali sejarah dilupakan oleh masyarakat. Makanya, tugas mahasiswa dan para sejarawan adalah membumikan kembali sejarah Indonesia. Hal itu bisa digunakan sebagai kilas balik serta pembelajaran bagi kehidupan sekarang dan di masa yang akan datang.

"Yang penting untuk selalu bersemangat dalam meneliti. Sangat perlu terutama bagi seluruh mahasiswa untuk mempertebal rasa ingin tahu dan juga rasa tidak punya malu dalam penelitian," jelasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)