Pelabuhan Gili Mas Siap Dukung Pengembangan Pariwisata Lombok

Selasa, 05 November 2019 - 11:52 WIB
Pelabuhan Gili Mas Siap Dukung Pengembangan Pariwisata Lombok
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero, menyiapkan Pelabuhan Gili Mas untuk mendukung pariwisata Lombok. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Dermaga di Pelabuhan Gili Mas, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sepanjang 440 meter telah rampung dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero.

Pelabuhan tersebut, telah siap untuk disandari kapal pesiar Sun Princess dengan Length Overall (LOA) 261 meter, lebar 32 meter, bobot mati 77,441 GT, membawa 1.988 penumpang dan 862 crew, dimana sebelumnya kapal pesiar tidak bisa sandar ke pelabuhan Lembar saat mengunjungi Pulau Lombok.

Kapal pesiar berbendera Bermuda tersebut berlayar dari Fremantle, Australia, dan merupakan kapal perdana yang sandar di dermaga Gili Mas, setelah itu menuju Port Klang, Malaysia.

"Kunjungan kapal pesiar direct call dari luar negeri langsung ke Pulau Lombok ini sangat bagus, menunjukkan antusiasme operator kapal pesiar dan penumpangnya ingin berwisata di Pulau Lombok," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto, Selasa (5/11/2019).

Di Lombok, para wisatawan akan mengunjungi beberapa objek wisata diantaranya ke Taman Narmada, pusat kerajinan Cukli Sayang- Sayang, Lingsar, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Museum, Desa pengrajin tenun Sukarara, Desa Sade, kerajinan gerabah Banyumulek, dan Mandalika.

"Pelindo III mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Gili Mas sudah siap mengambil peran sebagai pintu gerbang wisatawan melalui laut," imbuhnya.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung saat dihubungi terpisah mengatakan, serangkaian peningkatan fasilitas pelabuhan tersebut untuk mendukung program pemerintah yang berencana mengembangkan 10 destinasi wisata baru atau disebut Bali Baru untuk mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara tahun 2019.

"Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN membentuk tim sinergi BUMN Pariwisata dimana Pelindo III menjadi salah satu anggotanya," ujarnya.

Progress pembangunan terminal penumpang Gili Mas per 2 November 2019 mencapai 58 persen. Ditargetkan akan selesai pada bulan Februari 2020. Sehingga dengan selesainya terminal penumpang, semua pelayanan untuk penumpang kapal pesiar bisa lebih lengkap terlayani. "Setelah itu akan dilanjutkan dengan pengembangan terminal peti kemas," pungkas Doso.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4937 seconds (0.1#10.140)