Lezatnya Nugget Sukun, Karya KKN Mahasiswa UM Surabaya.

Jum'at, 21 September 2018 - 07:45 WIB
Lezatnya Nugget Sukun, Karya KKN Mahasiswa UM Surabaya.
Ayu, salah satu pengunjung mencicipi nugget sukun di stand KKN Expo UM Surabaya. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Nugget selama ini banyak dikenal terbuat dari ayam atau ikan. Bahkan, yang baru dan cukup populer dikalangan pecinta kuliner adalah nugget pisang.

Tapi bagaimana jika nugget itu terbuat dari sukun? Nah, kali ini sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, berhasil membuat nugget dari sukun. Nugget tersebut dibuatnya saat mengikuti KKN tahun 2018, di kabupaten Lamongan.

"Di sana banyak pohon sukun. Namun warga selama ini hanya mejadikan sebagai sayur saja," ujar Hikmatul Hasanah, salah satu peserta KKN saat mengikuti KKN Expo 2018.

Hikmatul Hasanah menjelaskan, ketika melihat fenomena itu, kelompoknya berinisiatif mencoba mengolah sukun menjadi jajanan yang bernilai ekonomis. Setelah dicoba ternyata hasilnya cukup lezat. "Lantas kami mengajarkan cara membuatnya pada warga disana," terangnya.

"Awalnya warga kaget, kok bisa ya sukun dibuat nugget. Alhamdulillah mereka suka dan langsung mempraktekkan. Anak-anak juga suka," ceritanya sambil tersenyum.

Mahasiswi S1 keperawatan ini memaparkan, cara dan bahan membuat nugget sukun tak jauh beda dengan nugget pada umumnya. Yakni tepung terigu, susu, telor, gula pasir, garam, keju dan lainnya. "Yang penting sukun harus benar-benar matang, supaya rasa manisnya keluar," ucapnya.

Proses pembuatan nugget sukun cukup mudah. Sukun matang dimasak, setelah itu ditumbuk hingga lembut. Setelah itu barulah dicampur dengan beberapa bahan lainnya dalam adonan. "Ya seperti membuat getuklah," tutur Hikma.

Lezatnya Nugget Sukun, Karya KKN Mahasiswa UM Surabaya.


Ayu, salah satu pengunjung mengakui lezatnya nugget sukun buatan mahasiswa UM Surabaya ini. "Wau enak, gurih. Enak bangeeet," Pujinya seraya menggigit nugget di KKN Expo.

"Ini terbuat dari sukun? Cantik ya tampilan toppingnya". Pujinya lagi.

Dalam helatan KKN Expo 2018 ini, mahasiswa menampilkan ragam inovasi yang diangkat dari lokasi KKN. Setiap wilayah berbeda inovasi. Ada yang menampilkan alat cuci tangan otomatis, alat lukis yang memanfaatkan jarum infus, tas daur ulang, hydroponik, aneka camilan, batrei tenaga pelepah pisan dan masih banyak lagi.

Ketua KKN UM Surabaya, Mukayat Al Amin menerangkan, KKN Expo bertujuan untuk mewadahi hasil kegiatan dan kreativitas mahasiswa, setelah sukses melaksanakan program pengabdian di tengah masyarakat.

Selain itu, KKN EXPO ini bertujuan untuk mempublikasikan produk-produk inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa .

Ia mengatakan, tema besar KKN 2018 adalah Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Teknologi Ekonomi Kreatif. Setiap kelompok dianjurkan menggali potensi ekonomi lokal masyarakat.

"Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui KKN, mahasiswa berhasil membuat produk-produk unggulan serta inovasi. Semoga ini juga memberi efek positif untuk masyarakat disana", tandasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4943 seconds (0.1#10.140)