Wow! Benalu Ternyata Punya Manfaat Sebagai Tanaman Obat

Selasa, 05 November 2019 - 16:25 WIB
Wow! Benalu Ternyata Punya Manfaat Sebagai Tanaman Obat
Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sucipto Hariyanto. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Banyak orang beranggapan benalu selalu jadi parasit dan merusak tanaman di kebun. Namun, benalu ternyata bisa jadi tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit.

(Baca juga: Ini Mimpi Renggi, Mahasiswa UMM Jagoan Pengemudi Mobil Listrik )

Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sucipto Hariyanto menuturkan, serangan tumbuhan parasit selain dapat menyebabkan kerusakan tanaman inang dalam jumlah populasi yang banyak. Benalu juga dapat mematikan tanaman yang diparasitinya. Makanya benalu umumnya dianggap merugikan oleh masyarakat.

Namun, beberapa jenis dari kelompok benalu ternyata memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Bagian haustorium dari tanaman benalu berpotensi sebagai obat yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Bagian haustorium pada tanaman ini dapat bermanfaat sebagai obat. Haustorium sendiri merupakan bagian benalu yang menempel pada inangnya, bagian ini terlihat membengkak dan memiliki bentuk unik," kata Sucipto, Selasa (5/11/2019).

Ia melanjutkan, di Eropa benalu jenis Viscum album sudah sejak lama digunakan sebagai obat karena banyak mengandung senyawa aktif, seperti lectin viscotoxin, flavonoid-flavonoid, terpenoid dan alkaloid-alkaloid tertentu. Kandungan senyawa itu dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kanker.

"Senyawa alkaloid, flavonoid, polifenol, steroid dan kuinon yang terdapat pada ekstrak daun benalu jenis Dendropthoe pentandra dapat berperan sebagai anti mikrobia," ucapnya.

Hasil penelitiannya, katanya, benalu teh atau scurrula oortiana menjadi salah satu tumbuhan yang telah diajukan sebagai fitofarmaka antikanker. Benalu teh juga bermanfaat sebagai anti malaria. Selain itu, ekstrak benalu yang hidup di pohon jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit ambien dan diare.

Tidak hanya itu, tambahnya, benalu kapas juga berpotensi sebagai bahan anti mikroba alami untuk pangan. Sehingga pangan yang memiliki kadar air tinggi serat dapat dikembangkan menjadi pangan fungsional.

"Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis benalu dapat digunakan sebagai obat. Pengetahuan mengenai jenis-jenis benalu sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemanfaatannya," tegasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0115 seconds (0.1#10.140)