Ratusan Warga Lamongan Antusias Cari Kerja di Job Market Fair

Rabu, 06 November 2019 - 19:04 WIB
Ratusan Warga Lamongan Antusias Cari Kerja di Job Market Fair
Para pencari kerja sedang asik melihat lowongan kerja di JMF Disnaker Lamongan di Gesung BLK, Rabu (6/11/2019). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
LAMONGAN - Ratusan warga menyerbu Job Market Fair (JMF) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lamongan, yang digelar di halaman Gedung Balai Latihan Kerja (BLK).

(Baca juga: Operasional Tol Mapan Seksi IV Tinggal Tunggu Hasil SLO )

Apalagi pada pelaksanaan JMF tahap kedua ini, menggunakan sistem yang lebih fleksibel. Para pencari kerja kali ini cukup mendaftar secara daring yang dapat dilakukan dimana saja. Sistem ini diharapakan memudahkan, baik untuk pencari kerja maupun perusahaan.

Selain itu, Disnaker Kabupaten Lamongan, bisa memantau setiap waktu berapa jumlah pencari kerja yang sudah diterima dan bekerja dimana saja.

Bupati Lamongan, Fadeli mengatakan, pemerintah berusaha mempercepat penyerapan tenaga kerja. JMF 2019 yang dilaksanakan dengan cara lebih dinamis ini, diharapkan dapat semakin efektif mengurangi angka pengangguran.

"Saat JMF pertama saya bilang kalau caranya masih lama, maka tidak bisa mempercepat penyerapan tenaga kerja, sehingga harus ada yang berbeda. Pemerintahan di era industri 4.0 harus melek teknologi. Karena itu saya mengapresiasi adanya inovasi seperti ini," ujarnya, Rabu (6/11/2019).

Kepala Disnaker Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari mengatakan, dengan menggunakan sistem berbasis teknologi tersebut, para pencari kerja dimudahkan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat.

Dari sisi perusahaan, sistem ini membuat perusahaan lebih cepat mendapat pekerja dengan klasifikasi yang sesuai. Lewat aplikasi yang sama, pencari kerja juga dapat melakukan bimbingan karir secara online.

"Ini adalah komitmen kami untuk terus memberi informasi kepada pencari kerja. Sehingga JMF kali ini dikemas berbeda, yakni dengan inovasi menggunakan sistem daring. Disistem saat ini tercatat sudah 700 pencari kerja yang mendaftar," ujarnya.

Pada pelaksanaan JMF 2019 tahap II ini, ada sebanyak 31 perusahaan dalam dan luar kota yang membuka lowongan pekerjaan. Tercatat ada sebanyak 1.500 lowongan pekerjaan yang disediakan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7331 seconds (0.1#10.140)