Iran Tahan Inspektur IAEA, Ini Alasannya

Kamis, 07 November 2019 - 06:57 WIB
Iran Tahan Inspektur IAEA, Ini Alasannya
Iran mengakui telah menahan seorang instruktur IAEA dengan alasan memiliki bahan berbahaya. Foto/Istimewa
A A A
TEHERAN - Iran mengakui menahan seorang inspektur dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Alasannya karena khawatir inspektur IAEA tersebut mungkin membawa bahan yang mencurigakan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Organisasi Atom Iran seperti diberitakan kantor berita Iran, Fars.

Fars melaporkan bahwa peralatan skrining di situs Natanz menunjukkan tanda peringatan ketika inspektur itu melewatinya sehingga peralatannya digeledah. Ia kemudian ditolak untuk masuk dan kejadian itu telah dilaporkan kepada IAEA seperti dinukil dari Al Arabiya, Kamis (7/11/2019).

Sebelumnya dilaporkan bahwa Iran secara singkat menahan inspektur untuk pengawas nuklir PBB itu dan menyita dokumen perjalanannya. (Baca juga: Iran Dilaporkan Tahan dan Sita Dokumen Perjalanan Inspektur IAEA)

Insiden ini adalah yang pertama sejak kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar tercapai pada 2015 lalu. Kesepakatan itu memaksa Iran membatasi kegiatan nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

Iran telah mulai menyuntikkan gas uranium ke sentrifugal di fasilitas nuklir Fordow bawah tanahnya. Itu dilakukan sebagai bagian dari langkah keempat Teheran untuk mengurangi komitmennya pada perjanjian nuklir tahun 2015 dengan negara-negara besar.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6239 seconds (0.1#10.140)