Bocornya Berita 2 Biarawati Hamil Disesalkan Wali Kota di Italia

Kamis, 07 November 2019 - 09:37 WIB
Bocornya Berita 2 Biarawati Hamil Disesalkan Wali Kota di Italia
Wali kota di Italia, menyesalkan beredarnya berita dua biarawati hamil. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
MILITELLO ROSMARINO - Dua biarawati di Sisilia, Italia, hamil setelah pulang dari perjalanan misionaris ke Afrika. Pihak wali kota di Italia, menyesalkan informasi itu bisa bocor.

Kasus hamilnya dua biarawati dari berbagai ordo di Sisilia, sedang dalam penyelidikan besar-besaran oleh pihak Gereja Katolik.

Salah satu biarawati berusia 34 tahun yang berbasis di sebuah biara di kota timur laut Militello Rosmarino, di Messina, mendapati dirinya hamil setelah pergi ke rumah sakit dengan keluhan sakit perut yang parah.

Biarawati kedua, seorang ibu perawat yang merawat para lansia di kota tenggara Ispica, di Ragusa, juga mendapati dirinya hamil.

Wali Kota Militello Rosmarino, Salvatore Riotta, mengatakan dia tahu salah satu biarawati itu baik. Dia menyesal bagaimana berita itu bisa bocor.

"Ada penyesalan atas apa yang terjadi. Komunitas kami yang terdiri dari 1.200 penduduk bingung dengan cara beberapa orang menyikapi berita ini, tidak secara diam-diam seperti seharusnya," kata Riotta kepada wartawan seperti dikutip surat kabar Gazzetta del Sud.

Wali kota menambahkan bahwa biarawati itu telah mengambil sumpahnya kurang dari setahun yang lalu dan dicintai oleh semua orang.

Anggota dewan kesehatan Sisilia, Ruggero Razza, mengatakan dia akan meluncurkan penyelidikan internal untuk mengetahui bagaimana kehamilan itu diketahui oleh umum.

"Saya ingin menyampaikan solidaritas saya pertama-tama kepada mereka dan untuk pesanan mereka masing-masing. Saya merasa tidak adil bahwa berita yang seharusnya tetap ada dalam privasi fasilitas kesehatan telah menjadi pengetahuan umum," tulis dia di Facebook.

Sumber di Vatikan juga menyesalkan informasi itu bisa bocor ke media. "Ada kekhawatiran pada berita ini," kata seorang sumber Vatikan kepada The Sun, kemarin.

"Tampaknya kedua wanita itu kembali ke negara asal mereka dan jelas memiliki semacam bentuk hubungan seksual," ujarnya.

"Investigasi telah diluncurkan. Mereka berdua melanggar aturan kesucian yang ketat, tetapi kesejahteraan anak-anak mereka paling utama," imbuh dia.

Menurut surat kabar Gazzetta del Sud, para biarawati itu dapat memilih untuk meninggalkan Ordo dan membesarkan anak-anak mereka.

Biarawati berusia 34 tahun telah dipindahkan ke urutan yang berbeda di Palermo, sementara sang ibu perawat, yang diperkirakan hamil sekitar satu bulan, pulang ke Madagaskar.

Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus pada awal tahun ini mengakui untuk pertama kalinya bahwa Gereja Katolik memiliki masalah yang berkelanjutan dengan para imam dan bahkan para uskup melakukan pelecehan seksual.

Pengakuan itu disampaikan di atas pesawat kepausan pada bulan Februari ketika ia kembali ke Vatikan dari kunjungan ke Uni Emirat Arab. Dia saat itu mengatakan bahwa beberapa biarawati telah digunakan sebagai budak seks.

"Memang benar, ada imam dan bahkan uskup yang telah melakukan ini. Saya pikir itu masih terjadi karena sesuatu tidak berhenti hanya karena Anda telah menyadarinya," kata seperti dikutip The Associated Press.

“Kami sudah lama mengerjakan ini. Kami telah menangguhkan beberapa imam karena ini."
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7473 seconds (0.1#10.140)