alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sekap Warga Inggris, Empat Oknum Polisi Coreng Institusi Polri

SINDONEWS
Sekap Warga Inggris, Empat Oknum Polisi Coreng Institusi Polri

JAKARTA - Empat oknum polisi yang diduga terlibat penculikan dan penyekapan warga negara Inggris, Matthew Simon Craib, ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya sama dengan pelaku kriminalitas lainnya.

"Tentunya anggota polisi dan warga sipil sudah kita lakukan penahanan dan semuanya akan kita proses. Kita tunggu saja bagaimana proses tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/11/2019).

Walaupun begitu, dia tidak menjelaskan secara rinci motif dari penculikan tersebut. Menurutnya, polisi bakal menyampaikan semuanya terkait dengan kasus penculikan dan penyekapan itu.



Sebelumnya, Kadiv Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, empat polisi yang diduga terlibat penculikan terancam dipecat tidak dengan hormat (PTDH).

Listyo menyebut keempat anggota tersebut akan menjalani proses hukum pidana umum terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan menjalani sidang disiplin. Adapun, pengungkapan kasus penculikan dan penyekapan itu berawal dari laporan yang terdaftar dalam nomor LP/7002/X/2019/PMJ/Dit. Reskrimum tertanggal 31 Oktober 2019.

Di tempat terpisah, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) tidak menduga kalau kasus penculikan tersebut melibatkan anggota kepolisian. Padahal, para penegak hukum seharusnya memberikan contoh yang baik.

"Saya sangat kaget dan menyesalkan jika benar empat oknum polisi ikut berperan dalam membantu aksi penculikan warga negara Inggris. Sebagai aparat penegak hukum seharusnya mereka memberi contoh yang baik pada masyarakat, bukannya malah ikut serta melakukan tindak pidana," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Dia menegaskan, tindakan tersebut juga telah terang-terangan mencoreng nama baik institusi polri. Apalagi, kepolisian tengah gencar-gencarnya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Hal tersebut benar-benar mencoreng nama baik institusi Polri. Pimpinan Polri dan anggota Polri lainnya berupaya melakukan tugasnya secara baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. Eh 4 oknum anggota ini malah mencorengnya," tegasnya.

Dia mengapresiasi langkah Polda Metro Jaya yang telah sigap menangani laporan dan langsung memproses hukum para pelaku yang terlibat penculikan. Sebaliknya, pelaku diminta harus dihukum dengan berat.
(mhd)



(msd)

loading...
Berita Terkait