alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Kios di Pasar Ngunut Tulungagung Ludes Terbakar

Solichan Arif
Ratusan Kios di Pasar Ngunut Tulungagung Ludes Terbakar
Kebakaran hebat melanda Pasar Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Foto/SINDOnews/Solichan Arif

TULUNGAGUNG - Kebakaran hebat melanda Pasar Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, pada Jumat (8/11/2019) malam. Akibatnya, sekitar 70 persen bangunan ludes.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang  meninjau lokasi kebakaran mengatakan, ada sebanyak 800 pedagang yang kios dan lapaknya menjadi korban.

"Ada sekitar 800 pedagang yang kios dan lapaknya menjadi korban," ujar Maryoto kepada wartawan. Insiden berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB.



Namun hingga tengah malam, sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran dari Tulungagung, Blitar, Kediri, dan Trenggalek, masih melakukan upaya pemadaman.

Informasi yang dihimpun, titik api mula-mula muncul dari sisi selatan pasar yang merupakan kelompok pedagang kain, mainan anak-anak, dan sepatu.

Kencangnya tiupan angin membuat api dalam waktu singkat menjalar ke sisi utara hingga timur pasar, dimana banyak berjualan pedagang makanan, buah-buahan, dan emas.

Kebakaran terjadi saat pasar dalam kondisi sudah tutup. Hingga saat ini belum bisa dipastikan penyebab kebakaran, apakah karena arus listrik atau sebab lain.

Menurut Maryoto, sebagai langkah awal pihaknya akan menyiapkan bangunan semi permanen untuk penampungan sementara para pedagang yang lapaknya terbakar. "Kita akan siapkan penampungan sementara," paparnya.

Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Hendi Septiadi mengatakan masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

Dalam insiden ini Hendi mengaku sudah menghubungi tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya. "Kita sudah menghubungi tim labfor. Saat ini penyelidikan masih dilakukan," ujarnya.



(eyt)

loading...