Kongres UCLG World di Afsel, Risma Dukung Wali Kota Xi'an

Senin, 11 November 2019 - 19:26 WIB
Kongres UCLG World di Afsel, Risma Dukung Wali Kota Xian
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan lawatan ke Afrika Selatan, selama tiga hari. Di Kota Duban, ia mengikuti rangkaian Kongres UCLG World tahun 2019.

Risma yang juga menjabat Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific (Aspac) ini menyiapkan usulan nama kandidat untuk menjadi wakil presiden UCLG world berikutnya. Wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan itu akan memilih Wali Kota Xi’an dari negara China.

"Jadi saya kan Presiden UCLG wilayah Aspac. Nah, usulan saya adalah Wali Kota Xi'an dari China jadi Wakil Presiden UCLG World," kata Risma ketika ditemui di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Senin (11/11/2019).

Ia melanjutkan, pihaknya juga akan meminta Kota Daejeon, Korea Selatan untuk bisa menjadi tuan rumah dalam acara UCLG tahun 2020 mendatang. "Saya akan sampaikan Kota Daejeon bahwa menginginkan itu," sambungnya.

Forum UCLG ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dari berbagai belahan dunia. Sebab, UCLG ini memiliki akses langsung kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Dimana setiap pemerintah lokal atau daerah harus menyampaikan aspirasinya di pemerintah pusat terlebih dahulu.

"Kan logikanya tidak mungkinkan kalau pemerintah daerah (local government) perantaranya harus ke pusat dulu. Baru setelah itu pusat lah yang menyampaikannya ke PBB. Kami punya akses sekarang dan sudah didengar langsung oleh PBB," katanya.

Oleh sebab itu, bagi dia, isu-isu yang ada di Pemkot Surabaya dapat terwakili. Ia mencontohkan, isu yang sedang dalam pembahasan dunia adalah dampak dari global warming.

"Jadi contohnya sekarang ini yang sedang dipikirkan adalah tentang impact global warming. Terlebih berbagai kota di Aspac (Asia Pasific, red) yang paling banyak kena impact dari dampak global warming," imbuhnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3023 seconds (0.1#10.140)