alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tumbuhkan Budaya Literasi Kalangan Siswa SMA di Gresik

Ashadi Iksan
Tumbuhkan Budaya Literasi Kalangan Siswa SMA di Gresik
Anggota PWI Gresik Abdul Malik ibrahim memberikN materi dlam kegiatan menumbuhkan litetasi kalangan pelajar di SMAN 1 Gresik. Foto/SINDOnews/ashadi ik

GRESIK - Ada banyak cara untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan siswa SMA Negeri 1 Gresik. Salah satunya dengan membekali cara penulisan naskah puisi, artikel dan cerita pendek.

Para siswa mendapat pelajaran menulis dari PWI Gresik. Abdul Malik Ibrahim salah satu pemgurus PWI Gresik didaulat memberikan materi itu.

Kepala SMA Negeri I Gresik, Syafaul Aman di Gresik mengatakan, gerakan ini dilakukan dengan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik sebagai salah satu lembaga resmi kewartawanan di wilayah setempat.



“Kami berharap, dengan dorongan gerakan literasi, siswa akan semakin gemar membaca dan meningkatkan kemampuan literasi. Apalagi, kini semakin menurun akibat pengaruh gawai,” ujarnya, Selasa (12/11/2019).

Sedangkan, Abdul Malik Ibrahim mengatakan gerakan literasi sangat perlu dilakukan. Karena literasi merupakan salah satu bentuk kesadaran akan pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan.

“Supaya tercipta budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah sebagai upaya terwujudnya pendidikan berkepanjangan,” katanya.

Apalagi, lanjut Malik, dorongan gerakan literasi juga telah dicanangkan dalam rangka menginisiasi Permendikbud No. 23 tahun 2015 mengenai penumbuhan budi pekerti.

Dalam materi yang disampaikan, Malik meminta kepada siswa untuk lebih gemar membaca buku. Juga mengurangi penggunaan atau membaca tulisan dari gawai. Tujuannya untuk mengurangi efek radiasi cahaya yang kurang baik bagi mata.

"Tentunya membaca dengan buku lebih bersahabat dengan mata kita daripada melalui gawai, karena gawai tersebut ada efek radiasi cahayanya yang kadang kurang baik bagi mata," katanya



(msd)

loading...
Berita Terkait