alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Syarat Daftar CPNS Diperlonggar, Pendaftar Diprediksi Membludak

Lukman Hakim
Syarat Daftar CPNS Diperlonggar, Pendaftar Diprediksi Membludak
Syarat pendaftaran CPNS diperlonggar, jumlah pendaftar diprediksi membludak. Foto/SINDOnews/Dok

SURABAYA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur (Jatim) memprediksi, pelamar yang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan tembus pada angka 80.000 pendaftar.

Hal ini dikarenakan ada beberapa kategori yang dikurangi penilaiannya.

Kepala BKD Jatim, Anom Surahno mengatakan, jika sebelumnya persyaratan CPNS harus lulusan kampus terakreditasi A, kini hanya cukup terakreditasi saja. Sehingga, ini peluang besar bagi alumnus perguruan tinggi untuk bisa mendaftar CPNS. “Terpenting terakreditasi sudah bisa mendaftar,” kata Anom, Rabu (13/11/2019).



Selain itu, kata dia, ada beberapa kategori penilaian yang syarat angkanya sudah diturunkan. Seperti Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang awalnya disyaratkan harus memiliki nilai 175, kini diturunkan menjadi 126. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang awalnya harus 75, diturunkan menjadi 65. Hanya Tes Intelegensia Umum (TIU) yang tetap disyaratkan di angka 80.

“Kemudahan-kemudahan inilah yang akan membuat banyak pendaftar CPNS yang antusias untuk mendaftar,” kata Anom.

Mantan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim ini juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan BKD maupun Pemprov Jatim dalam proses penerimaan ini. “Semua proses mulai pendaftaran hingga tes CAT akan berbasi online, jadi tidak aka nada titipan maupun orang yang bisa memasukkan jadi CPNS,” jelas Anom.

Anom juga mengingatkan agar peserta yang akan mendaftar membaca baik-baik apa yang harus dilengkapi berkasnya hingga memenuhi syarat untuk ikut tes CAT. “Jangan lupa melengkapi berkas termasuk swafoto (foto selfi) agar lancar mengikuti tes CAT,” kata Anom.

Diketahui, Pemprov Jatim saat ini membuka rekruitmen CPNS 2019. Pemprov Jatim mendapat alokasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) dengan formasi CPNS sebanyak 1.817. Rinciannya, tenaga pendidik sebanyak 1.133, tenaga kesehatan 322, dan tenaga teknis sebanyak 362. Dari total kebutuhan formasi tersebut terdapat formasi khusus yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas sebanyak 36 dan cumlaude sebanyak 36.



(nth)

loading...
Berita Terkait