alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa SMA Trimurti Kunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo

Ali Masduki
Siswa SMA Trimurti Kunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo
Komisioner KPU Surabaya mengenalkan cara menggunkan hak pilih pada pelajar SMA Trimurti, ketika mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo di Kantor KPU Kota Surabaya, Rabu (13/11/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, puluhan pelajar SMA Trimurti mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo, tepatnya berada di kantor KPU kota Surabaya, Rabu (13/11/2019).

Kedatangan mereka ini bukan untuk mendaftar sebagai calon pemilih, tapi untuk belajar lebih dalam tahapan-tahapan dalam menggunakan hak pilih.

Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan dan Humas SMA Trimurti, Iwan Yulianto menuturkan, ia sengaja mengajak peserta didiknya untuk mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo ini, mengingat saat ini usia para pelajar sudah menginjak 17 tahun.



"Saya mengajak siswa-siswi SMA Trimurti terutama OSIS untuk belajar mendalami seperti apa sih pemilu itu, terutama kaitannya dengan pemilu di 2020. Tahun depan mereka sudah punya hak pilih," kata dia.

Iwan mengatakan, keberadaan Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo yang disediakan oleh KPU Surabaya ini sangat membantu sekolah dalam mengajarkan proses demokrasi pada siswa-siswi.

"Jadi rumah pintar pemilu ini bagus untuk pembelajaran demokrasi untuk anak-anak dan pemilih pemula," kata dia.

Dia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan rumah pintar tersebut untuk belajar dan mengajarkan tentang tahapan pemilu supaya pemilik suara tidak salah dalam menggunakan haknya.

Dalam kesematan yang sama, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi, menjelaskan, dihadirkannya fasilitas Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo ini merupakan salah satu cara KPU Surabaya untuk mempermudah dalam mempelajari tahapan-tahapan pemilu, khususnya bagi pemilih pemula.

"Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo ini terbuka bagi siapapun, baik itu pelajar, ormas maupan masyarakat umum," kata dia.

Subairi berharap setelah mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo, calon pemilih pemula ini bisa menyebarkan apa yang sudah didapat, minimal ke teman sebangku dan keluarga mereka.

“Tentu dari KPU Surabaya berharap setelah rangkaian kegiatan audiensi dan fasilitasi RPP ini bisa mendorong tingkat partisipasi pemilih dalam Pilwali pada tanggal 23 September 2020 mendatang," kata dia.

Selama berada di dalam Rumah Pintar Pemilu Bung Tomo, siswa-siswi SMA Trimurti mendapatkan penjelasan secara detail dari anggota KPU. Tahapan demi tahapan pemilu beserta alat peraga bisa mereka rasakan langsung.



(nth)

loading...