Yonif Mekanis Raider 411 Dukung Kelestarian Budaya Papua

Kamis, 14 November 2019 - 08:30 WIB
Yonif Mekanis Raider 411 Dukung Kelestarian Budaya Papua
Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, turut serta dalam pesta adat Cabut Misal Suku Kanum, Kabupaten Merauke. Foto/Dok.Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad
A A A
MERAUKE - Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, memberikan dukungan dan penghormatan terhadap pelestarian budaya tanah Papua, yang ada di Kabupaten Merauke.

Wakil Komandan (Wadan) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Ilham Datu Ramang bersama empat anggotanya terlibat dalam acara Pesta Adat Cabut Misal dan Bunuh Babi Suku Kanum di Jalur 3 A, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Pesta Adat Cabut Misal atau Maensi, dilaksanakan dalam rangka mengenang seribu hari meninggalnya warga setempat, yakni almarhum Nikolaus Ndiken. Acara tersebut diikuti oleh semua keluarga besar almarhum yang datang dari wilayah Kabupaten Merauke, dan juga keluarga dari Negara Papua Nugini.

Upacara adat ini sangat menarik. Diawali dengan tari-tarian yang digelar selama 12 jam lamanya, yakni pada pukul 18.00-06.00 WIT, kemudian dilanjutkan acara Bunuh Babi pada siang harinya.

Sementra itu ditemui usai mengikuti pesta adat, Ilham mengatakan, kegiatan ini merupakan cara personel Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, dalam menghormati kebudayaan adat setempat. Sekaligus turut mendukung kelestarian kekayaan budaya Indonesia, yang merupakan identitas dan jati diri bangsa.

"Membaur bersama warga yang hadir pada pesta adat ini, adalah salah satu bentuk penghormatan dan dukungan dari Satgas untuk kelestarian budaya adat Papua, khususnya dari Suku Kanum yang ada di Kabupaten Merauke. Hal ini juga merupakan cerminan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu," tuturnya.

Salah satu keluarga yang menggelar pesta adat, Vinsent Ndiken mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang telah meluangkan waktunya untuk datang menghadiri Pesta Adat Cabut Misal.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1638 seconds (0.1#10.140)