Lumpia Stadion Bakal Jadi Kuliner Andalan di Piala Dunia U-20

Kamis, 14 November 2019 - 16:29 WIB
Lumpia Stadion Bakal Jadi Kuliner Andalan di Piala Dunia U-20
Lumpia akan menjadi kuliner andalan di Piala Dunia U-20. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mulai mempersiapkan relawan penerjemah dalam menyambut Piala Dunia U-20. Termasuk mempromosikan Lumpia Stadion sebagai ikon kuliner dalam ajang tersebut.

Relawan sebagai penerjemah bahasa asing ini terbuka untuk semua kalangan. Termasuk Bonek dan Bonita. Nantinya akan dilakukan proses seleksi sebagai penerjemah yang ditempatkan di hotel-hotel tempat peserta menginap.

"Sekarang kan sudah ada aplikasi penerjemah di ponsel. Bagaimana mereka (relawan) akan dilatih berbicara juga. Tentunya ada proses seleksi," kata Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Kamis (14/11/2019).

Whisnu mengatakan, peran serta warga Surabaya sekitar 70-80 persen difokuskan oleh Pemkot Surabaya. "Jadi tidak hanya bicara soal perbaikan stadion. Tapi juga bagaimana melibatkan warga Surabaya ikut berperan serta," kata pejabat yang akrab disapa WS.

Kesiapan ini menjadi program hingga di kampung-kampung. Membangun pernak-pernik khas kesebelasan negara peserta. "Menguatkan karakter Surabaya sebagai kota bola," kata WS yang digadang-gadang maju dalam Pilwali Surabaya 2020 mendatang.

Selain itu, kuliner yang khas dikenal Lumpia Stadion juga turut dipromosikan. Para pedagang akan dilatih proses pembuatan Lumpia yang bisa dinikmati. "Supaya enak dan tidak keras. Ben gha digawe sawat-sawatan biasane (Biar tidak dipakai lempar-lemparan biasanya - Red)," kata WS.

Lumpia Stadion menjadi kuliner wajib bagi para Suporter fanatik Persebaya ketika menyaksikan pertandingan di stadion GBT. Harganya terjangkau dan selalu menjadi ‘teman setia’ sebagai kudapan.

"Ini juga dipromosikan. Karena Arek-Arek kalau nonton sangu Rp5.000, sudah bisa beli. Nanti harganya tetap menggunakan nominal Rupiah. Kalau bayar pake dolar, sing dodolan bingung nyusuk i ne (yang berjualan bingung memberi kembalian, Red)," kata WS sembari tersenyum.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)