YPA-MDR Resmikan 3 Gedung Sekolah Baru

Jum'at, 15 November 2019 - 20:09 WIB
YPA-MDR Resmikan 3 Gedung Sekolah Baru
PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) meresmikan tiga bangunan sekolah baru. Foto/Ist
A A A
NUSA TENGGARA TIMUR - PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) meresmikan tiga bangunan sekolah baru.

Sekolah yang diresmikan yaitu SDI Bokong 1, SDN Oesusu dan SDN Bijaesahan di Takari, Kupang pada Kamis (14/11/2019) setelah sebelumnya dilakukan renovasi pada tahun lalu. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk nyata komitmen untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, mengatakan, ketiga sekolah tersebut diresmikan setelah sebelumnya dilakukan renovasi dan penambahan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan. Yakni, meliputi tambahan ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, perpustakaan, ruang UKS, aula, rumah guru, kantin dan toilet.

Herawati menjelaskan, sekolah-sekolah tersebut juga dilengkapi dengan media perpustakaan digital yang dapat dipakai secara online maupun offline. Di dalamnya terdapat ribuan buku pelajaran, video pendidikan, soal-soal try out serta komik literasi moral, budi pekerti dan kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SDN Manggis di Rote Barat, Rote Ndao serta menandakan secara resmi dimulainya pembangunan dan renovasi delapan sekolah antara lain SDI Rinalolon, SDN Oenitas, SDN Manggis, SDI Sedeoen, SDI Andaiko, SDI Oenggaut, SDI Boa dan SMPN SATAP Boa.

YPA-MDR mengajak masyarakat dan aparat desa untuk dapat turut menjaga dan mengawasi proses pembangunan sekolah dengan baik sehingga target waktu pembangunan sesuai dengan yang direncanakan.

Masih dalam rangkaian kegiatan peresmian sekolah dan peletakan batu pertama, YPA-MDR melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang Kerjasama antara PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dengan SMPN 14 Takari, SMKN 1 Takari, SMPN 2 Amarasi Selatan Satap, SMKN 1

Amarasi Selatan, SD GMIT Mbuaein, SD GMIT Oelolot, SMKN 1 Rote Barat dan SMAN 1 Rote Barat yang menandakan dimulainya program pembinaan empat pilar selama 5 tahun ke depan. Program pembinaan yang diberikan tersebut diharapkan dapat menjadikan sekolah unggul dan meraih berbagai prestasi.

Hadir di Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 2016 khusnya di Kabupaten Kupang dan pada 2018 di Kabupaten Rote Ndao, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) memberikan bantuan berupa program pendidikan bekerjasama dengan berbagai narasumber serta bantuan sarana prasarana sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.

Bantuan tersebut antara lain, Bidang Akademik meliputi pelatihan motivasi dan karakter kepada guru dan Kepala Sekolah, Pelatihan dan pendampingan guru dalam hal peningkatan kompetensi guru seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pendalaman Materi Ajar, pembuatan dan pemakaian alat peraga, Penelitian tidakan kelas (PTK) dll.

Kemudian bantuan pelatihan tentang Kurikulum 13 (K 13). Pelatihan kepada para Kepala Sekolah mengenai manajemen sekolah dalam kaitan ini YPA MDR memberikan pembekalan dan monitoring dalam hal Plan, Do, Check, Action (PDCA) sebagaimana salah satu system manajemen Astra yang kami terapkan.

Pelatihan metode pembelajaran metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) bidang matematika kepada para guru serti pengimbasannya

Program Guru Muda Indonesia yang ditempatkan di sekolah binaan Kupang dan Rote sebagai upaya akselerasi sekolah unggul. Khususnya menjadikan Kecamatan Rote Barat sebagai “Kecamatan Cerdas - Berprestasi”.

Sedangkan bantuan Non-Akademik, di antaranya Astra telah memberikan bantuan seperangkat tenun sebanyak 2 set alat tenun di setiap sekolah binaan kami dan tahun ini ditambahkan lagi 10 unit persekolah.

Kemudian saranan dan prarasarana meliputi Bantuan air bersih berupa sumur bor dan instalasinya berkolaborasi dengan Grup Astra dan Main Dealer Honda. Kemudian bantuan perangkat sekolah, berupa sepatu, tas dan pakaian seragam.

Bantuan pembangunan dan renovasi Gedung serta sarana prasarana sekolah untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM). Bantuan sarana prasarana pembelajaran berupa alat peraga, komputer, LCD, dan perangkat Genset.

Perpustakaan dan buku-buku serta alat pembelajaran literasi berupa KIPIN (Kios Pintar), yaitu alat menyerupai ATM yang berisi, kurikulum, buku-buku pelajaran, buku-buku pengetahuan umum, secara on line dan offline, Sekolah binaan di Kecamatan Takari pun akan segera kami lengkapi dengan KIPIN.

Melalui program pembinaan yang dilakukan, YPA-MDR berharap dapat melahirkan generasi muda yang mandiri & peduli untuk membangun daerahnya sejalan dengan cita-cita luhur PT Astra International Tbk, yaitu Sejahetra Besama Bangsa.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6143 seconds (0.1#10.140)