Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Pasar Bendul Merisi

Sabtu, 16 November 2019 - 22:40 WIB
Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Pasar Bendul Merisi
Pasar Bendul Berisi yang dilanda kebakaran. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Kebakaran yang melanda Pasar Beras Bendul Merisi diduga karena pembakaran sampah.

Sebelum kebakaran, ada saksi mata yang mengetahui pembakaran sampah di luar area pasar.

Parahnya, api dari pembakaran sampah itulah yang disinyalir menjadi penyebab kebakaran. Api cepat menyebar juga disebabkan angin yang berhembus kencang siang itu di Kota Pahlawan.

“Dari informasi yang kami himpun, ada saksi mata yang mengetahui pemulung bakar-bakar sampah,” kata Kepala Cabang Selatan PD Pasar Surya, Masrul, Sabtu (16/11/2019).

Dia mengatakan, pembakaran sampah itu dilakukan di sisi barat Pasar Bendul Merisi. Tetapi karena sampah yang dibakar itu mepet dengan tembok, apinya menyambar atap pasar dan secara cepat merambat. Tetapi sekitar pukul 12.30 WIB, tim Pemadam Kebakaran (PMK) Pemkot Surabaya sudah berhasil memadamkan api.

Mengenai jumlah stan yang terbakar, dia menyebutkan ada 15 stan los. Akibat kebakaran itu, PD Pasar Surya mengalami kerugian.

“Jumlah kerugian pastinya belum diketahui, tetapi estimasinya sekitar Rp30 jutaan,” kata dia.

Tentang adanya mobil yang ikut terbakar dalam kejadian itu, dia menjelaskan tidak masuk dalam pengelolaan PD Pasar Surya.

Menurut Masrul, lahan parkir mobil itu dikelola pihak lain. “Itu bukan di kami (PD Pasar Surya). Memang di sekitar Pasar Bendul Merisi, tapi bukan ikut di kami,” jelas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7583 seconds (0.1#10.140)