alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angin Reda, 270 Pengungsi Asal Desa Sumberbrantas Dipulangkan

Yuswantoro
Angin Reda, 270 Pengungsi Asal Desa Sumberbrantas Dipulangkan
Angin kencang bercampur debu di Desa Sumberbrantas, Kota Batu, mulai mereda. Foto/BPBD Kota Batu

KOTA BATU - Kondisi Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, dipastikan berangsur membaik pasca diterjang angin kencang bercamur debu, Minggu (17/11/2019).

(Baca juga: Dituduh Dukun Santet, Pria Lansia di Lumajang Dibunuh)

Berdasarkan pemantauan di Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo sampai dengan pukul 17.30 WIB kondisi angin sudah reda. Situasi di tiga desa tersebut, dipastikan sudah normal dan kondusif.



Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, karena kondisinya sudah normal, maka para pengungsi yang melaksanakan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo, dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

"Terdata sebanyak 270 orang pengungsi telah dilaksanakan proses pemulangan ke rumah masing-masing mulai pukul 18.30 WIB, dan semuanya sudah terevakuasi pada pukul 20.00 WIB," tuturnya.

(Baca juga: Kecepatan Angin di Desa Sumberbrantas Sempat Tembus 28 Km Perjam)

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini seluruh sumberdaya (personel dan peralatan) yang digunakan mulai dikembalikan ke instansi atau lembaga masing-masing. "Untuk malam ini petugas BPBD Kota Batu, tetap melaksanakan pemantauan," tuturnya.

Operasi tanggap bencana pasca terjangan angin kencang bercampur debu tersebut, akan dilanjutkan oleh BPBD Kota Batu, dengan melakukan pendataan kerusakan dan kerugian dampak angin kencang, serta perbaikan rumah dan bangunan yang mengalami kerusakan.



(eyt)

loading...