Ruang Kelas Terbakar, Dindik Jombang Janji Perbaiki Pekan Depan

Selasa, 19 November 2019 - 19:04 WIB
Ruang Kelas Terbakar, Dindik Jombang Janji Perbaiki Pekan Depan
Kondisi ruang kelas 3 SDN Badang 2 Kabupaten Jombang, pasca terbakar pada Minggu (17/11/2019). Foto/SINDOnews/Tritus Julan
A A A
JOMBANG - Kebakaran yang melanda SDN 3 Badang, langsung direspon Pemkab Jombang. Dalam waktu dekat, bakal dilakukan perbaikan bangunan ruang kelas 3 yang terbakar itu.

(Baca juga: Astaga! Ada Praktik Prostitusi Online di Kota Santri )

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim ke SDN Badang 2 guna melakukan pengecekan. Hal itu guna mengetahui kondisi kerusakan ruang kelas 3 yang rusak akibat amukan si jago merah.

"Tim sudah turun, dan sekarang syarat administrasi sudah di susun. Insyaallah pekan depan perbaikan sudah bisa dilaksanakan," ujar Agus saat dikonfirmasi melalui sambungan ponselnya, Selasa (19/11/2019).

Kebakaran yang melanda SDN Badang 2 di Dusun Dusun Watulintang, Desa Badang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, pada Minggu (17/11) petang lalu, kata Agus, merupakan sebuah bencana. Sehingga, pengalokasian anggaran perbaikan bisa dengan cepat dilakukan.

"Ini kan masuk kategori bencana sehingga harus cepat teratasi. Kamis (21/11) anggarannya kemungkinan besar sudah bisa dicairkan. Sehingga proses perbaikan bisa segera dilakukan," imbuh mantan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkab Jombang ini.

Agus pun meminta kepada siswa dan sekolah tidak khawatir. Diakui Agus, untuk sementara 21 siswa kelas 3 memang terpaksa belajar di perpustakaan sekolah. Lantaran ruang kelas mereka rusak. Sementara proses belajar mengajar harus tetap berlanjut.

"Semoga perbaikan juga bisa dilakukan secepat mungkin, sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan normal kembali dan siswa tidak perlu belajar di perpustakaan," pungkasnya.

Diberitakan seblumnya, puluhan siswa kelas 3 SDN Badang 2 Kabupaten Jombang nampak begitu bersemangat mendengarkan penjelasan sang guru. Kendati harus duduk lesehan di atas karpet ruang Perpustakaan, namun tak menyurutkan semangat mereka untuk menimba ilmu.

Maklum saja, ruang kelas yang biasa digunakan untuk proses belajar mengajar di sekolah tersebut rusak parah. Amukan si jago merah, membuat bangunan dengan luas kisaran 6X10 meter di Dusun Watulintang, Desa Badang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang itu usai rusak Minggu (17/11/2019) petang.

Bagian atap sisi timur ruang kelas 3 tampak menganga. Sementara puing-puing pecahan genting dan plavon terlihat berserakan di lantai ruang kelas tersebut. Beberapa bangku dan meja sarana prasarana belajar juga terlihat rusak terkena reruntuhan material atap ruang kelas yang terbakar.

Kapolsek Ngoro, AKP Lely Bahtiar menuturkan, kebakaran SDN Badang 2 ini kali pertama diketahui oleh Ji'ah, warga yang tinggal tak jauh dari sekolah. Sekira pukul 16.00 WIB, Ji'ah melihat ada kepulan asap dari atap ruang kelas 3 itu.

Diduga, kebakaran tersebut dipicu dari pembakaran sampah di sebelah timur ruang kelas. Kencangnya hembusan angin, membuat percikan api mengenai kayu penyangga atap ruang kelas. Akhirnya, api merembet ke bagian atap dan membakar ruang kelas tersebut.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1876 seconds (0.1#10.140)