Dua Polres di Jajaran Polda Jatim Berubah Jadi Polresta

Kamis, 21 November 2019 - 13:00 WIB
Dua Polres di Jajaran Polda Jatim Berubah Jadi Polresta
Polres Malang Kota, dan Polres Banyuwangi naik status menjadi Polresta. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Dua Polres di jajaran Polda Jatim, berubah tipe menjadi Polisi Resort Kota (Polresta). Keduanya adalah Polresta Banyuwangi, dan Polresta Malang Kota.

Perubahan tipe Polresta itu sesuai kajian dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Untuk Polresta Banyuwangi rencana diresmikan hari Senin (25/11/2019), dan Polresta Malang Kota hari Kamis (28/11/2019).

Dengan perubahan tipe itu jabatan Kapolresta naik menjadi Komisaris Besar. Sedangkan jajaran Pejabat Utama (PJU) di Polresta setempat juga akan menyesuaikan dengan kenaikan tipe tersebut.

"Untuk jabatan Kasat juga naik dari AKP menjadi Kompol. TR (telegram rahasia) sudah saya buat dan akan disesuaikan sertijabnya setelah Kapolresta dilantik Kapolda minggu depan," kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jatim, Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya perubahan tipe itu mempertinbangkan banyak aspek. Di antaranya jumlah penduduk, tingkat kerawanan kriminalitas, dan luas wilayah. "Kalau Malang Kota memang padat penduduk dan termasuk kota besar. Kalau Banyuwangi juga masuk perbatasan juga dengan Bali," ungkapnya.

Untuk jabatan Kapolresta Banyuwangi bakal dijabat AKBP Arman Asmara Syarifudin yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimsus Polda Jatim. Arman mendapatkan promosi dan naik pangkat menjadi Kombes. Jabatan Wadir Reskrimsus akan diisi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang sebelumnya menjabat Kapolres Banyuwangi.

Jabatan Kapolresta Malang Kota akan dijabat AKBP Leonardus Harapantua Simarmata yang naik pangkat menjadi Kombes dari jabatan sebelumnya sebagai Waka Polrestabes Surabaya. Dia menggantikan AKBP Dony Alexander yang mengemban jabatan baru Kapolres Pasuruan Kota. Sedangkan AKBP Agus Sudaryatno yang sebelumnya menjabat Kapolres Pasuruan Kota promosi AKBP Mantap sebagai Waka Polrestabes Surabaya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3831 seconds (0.1#10.140)