Sedotan Rumput Laut Mahasiswa Unair Gemparkan Thailand

Kamis, 21 November 2019 - 13:27 WIB
Sedotan Rumput Laut Mahasiswa Unair Gemparkan Thailand
Empat mahasiswa Unair membuat terobosan sedotan rumput laut. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Sedotan rumput laut atau SERUPUT karya mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menyita perhatian dalam Asian Academic Society International Conference (AASIC).

Pada konferensi internasional yang digelar di Thailand tersebut, empat mahasiswa Unair Mochammad Syafrie Alamsyah, Fakhrul Ardiansyah, Febby Aulia dan Kyky Awinda membuat terobosan berbeda dengan sedotan rumput laut.

Syafrie menuturkan, gagasan SERUPUT dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat konsumsi sedotan plastik yang berkontribusi pada peningkatan sampah plastik di Indonesia. Sehingga, SERUPUT yang berbahan dasar rumput laut diharapkan dapat mengurangi tingkat pencemaran sampah plastik tersebut.

"Dengan adanya seruput yang berbahan dasar rumput laut dapat mengurangi tingkat pencemaran limbah plastik karena sedotan ini bersifat organik sehingga dapat dengan mudah larut," kata Syafrie, Kamis (21/12019).

Dengan mengikuti konferensi internasional tersebut, Syafrie dan tim dapat bertukar pikiran dengan peserta dari universitas dan negara lain mengenai karya ilmiah masing-masing.

Hal itu membuat mereka semakin termotivasi untuk memperbaiki produk dan berusaha menciptakan karya ilmiah yang dapat bermanfaat bagi negara.

"Di luar sana masih banyak karya ilmiah dari teman-teman yang sangat hebat dan bagus sekali," ucapnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0363 seconds (0.1#10.140)