Jabat Dirreskrimsus Polda Jatim, Gideon: Ini Tantangannya Besar

Kamis, 21 November 2019 - 13:45 WIB
Jabat Dirreskrimsus Polda Jatim, Gideon: Ini Tantangannya Besar
Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gideon Arief Setyawan. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gerbong mutasi sedang berjalan di tubuh Polri. Salah satu Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, yang karirnya cemerlang, adalah Kombes Pol. Gideon Arief Setyawan.

(Baca juga: Dituduh Cabuli ABG, Oknum Dokter di Mojokerto Dipolisikan )

Baru menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) pada tanggal 28 Agustus 2019 lalu, kini ia mendapatkan tugas baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus).

Artinya, alumnus Akpol 1995 itu menjabat Dirreskrimum Polda Jatim cukup singkat, hanya 86 hari. Namun tak sampai tiga bulan, ada salah satu inovasi menarik yang ditinggalkan. Yakni program ekspo barang bukti kejahatan yang digelar akhir September 2019 lalu. Ekspo itu jadi yang pertama kali dilakukan oleh jajaran Polri di Indonesia.

Sedikitnya 1.500 kendaraan baik roda dua dan empat hasil kejahatan dipamerkan. Sebanyak 828 unit kendaraan digelar di lapangan Mapolda Jatim. Sisanya dipamerkan di Polres jajaran. Kendaraan itu bisa diambil oleh pemiliknya, dengan menunjukkan bukti kepemilikan.

Selain itu, di bawah komando Gideon, Ditreskrimum Polda Jatim juga berhasil mengungkap kasus prostitusi online melibatkan artis atau publik figur. Kasus yang ditangani Unit V Subdit Jatanras itu telah membuahkan hasil dengan penetapan dua tersangka dari muncikari yang masih berjaringan.

Kasus lain, yakni pembunuhan yang terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan dengan korban seorang sales motor. Tiga dari tujuh tersangka ditangkap pada akhir September 2019 lalu.

Sedangkan kasus-kasus lainnya terkait kejahatan penyimpangan seks pedofilia dengan korban mencapai 50 anak laki-laki juga diungkap oleh Subdit Renakta. Satu tersangka diringkus yakni Muhajar Sidiq atau Bang Jek.

Kini, Gideon menempati posisi jabatan baru sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim. "Jabatan Dirreskrimsus ini bukan hal baru buat saya karena sebelumnya juga pernah menduduki jabatan yang sama yakni Dirreskrimsus di Polda Riau. Namun bedanya, di Jatim persoalannya lebih kompleks dan tantangannya jauh lebih besar," ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Jabatan Dirreskrimsus Polda Jatim itu diembannya sesuai TR (telegram rahasia) Kapolri dengan Nomer 3019 dan 3020/XI/KEP/2019 tanggal 8 November 2019. Pelantikan pun akan dilakukan, Kamis (21/11) di Mapolda Jatim yang akan dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5269 seconds (0.1#10.140)