Menhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Natal dan Tahun Baru

Minggu, 24 November 2019 - 13:32 WIB
Menhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Natal dan Tahun Baru
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Dok SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku meningkatkan koordinasidengan sejumlah pihak mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan maupun penumpang pengguna angkutan massal libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami sudah mengumpulkan para stakeholder dan berbagi peran. Kementerian PUPR mempersiapkan jalan, kepolisian menyiapkan tim, kami sendiri juga menyiapkan hal yang perlu dilakukan. Insya Allah ini berjalan baik," kata Menhub di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Menhub memprediksi pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru tidak sepadat seperti masa Angkutan Lebaran. Adpaun kepadatan lebih banyak terjadi di tempat wisata.

"Prediksinya kalau tahun baru tidak sebanyak lebaran. Biasanya yang banyak itu di tempat wisata. Orang mau ke Bali, Jogja, itu lebih banyak daripada mereka yang pulang kampung. Jadi, memang tempat-tempat tertentu sudah kita lakukan pengamanan," kata dia.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan hal terkait dilakukannya penyesuaian tarif angkutan kapal penyeberangan yang berkisar 10-15%. "Kalau secara teoritis kenaikannya itu mesti 50% baru mereka (operator kapal penyeberangan) bertahan. Namun, pemerintah melakukan ini secara bertahap. Kami upayakan 10-15% kalau ini bisa menolong mereka. Sehingga banyak kapal-kapal penyeberangan yang bertahan dan pelayanannya bagus," jelas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7311 seconds (0.1#10.140)