Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran KM Tanto Ceria

Selasa, 26 November 2019 - 14:50 WIB
Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran KM Tanto Ceria
Kondisi KM Tanto Ceria saat terbakar, Selasa (26/11/2019). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Kapal Motor (KM) Tanto Ceria terbakar saat menunggu sandar di Pelabuhan Maspion Gresik, Selasa (26/11/2019). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

(Baca juga: KM Tanto Ceria Terbakar, Basarnas Kerahkan Tim Bantu Pemadaman )

Informasi yang dihimpun, kapal muatan kontainer kosong itu posisinya di area Rede Pelabuhan Maspion Gresik, dengan posisi 07°.06".8" S, 112°.39".7" E, APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya).

Api muncul pertama diketahui Umar Nawawi bagian seken officher. Saat itu, perwira jaga berada di anjungan. Tiba-tiba melihat asap hitam keputihan keluar dari kamar pandu kemudi. "Saya langsung pencet alarm kebakaran," ungkapnya.

Selanjutnya, para ABK melakukan upaya pemadaman dengan peralatan pemadam yang ada di kapal. Bahkan, enam tabung alat pemadam api habis, namun api belum bisa dipadamkan.

"Saya pun minta bantuan melalui Chanel vhf 12 kepanduan untuk didatangkan kapan tunda pemadam kebakaran," kata Umar.

Setelah satu jam, dua kapal pemadam tunda KT Jayabaya 303 dan Jaya Baya datang dan langsung melakukan pemadaman. Dengan penyemprotan air ke ruang anjungan atau area yg terbakar.

"Syukur akhirnya api bisa dipadamkan," tambah Meita Dwiagus Setiawan (51) selaku nahkoda KM Tanto Ceria.

Sementara itu, Kasatpolair Polres Gresik, AKP Nur Mahmud menyatakan, kejadian di tengah laut itu tidak ada korban jiwa. Kerugian juga masih dilakukan penyelidikan.

"Termasuk penyebab kebakaran masih kami lakukan pemeriksaan. Kami langsung melakukan antisipasi supaya api segera dapat dikuasai," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8174 seconds (0.1#10.140)