Pemprov Jatim Berangkatkan 100 Keluarga Transmigran ke Kaltara

Rabu, 27 November 2019 - 21:19 WIB
Pemprov Jatim Berangkatkan 100 Keluarga Transmigran ke Kaltara
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak melepas keberangkatan transmigran ke Kaltara. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pemprov Jatim memberangkatkan sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) transmigran dengan tujuan Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Para transmigran tersebut dilepas secara langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (27/11/2019).

Ke-100 KK transmigran tersebut berasal dari berbagai daerah di Jatim dengan jumlah total sebanyak 298 jiwa. Dengan rincian, Lamongan 7 KK, Jombang 3 KK, Nganjuk 5 KK, Ngawi 15 KK, Magetan 15 KK, Pacitan 10 KK, Trenggalek 20 KK, Tulungagung 8 KK, Kediri 3 KK, Blitar 3 KK, Malang 5 KK, Lumajang 3 KK dan Pamekasan 3 KK.

Emil Elestianto Dardak mengatakan, program transmigrasi di Jatim masih sangat diperlukan. Terlebih lagi, jumlah penduduk Jatim berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 39,5 juta jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai rata-rata 826 jiwa/km2. Jumlah angkatan kerja di Jatim sebanyak 21,3 juta orang, dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,92 persen.

"Animo masyarakat untuk bertransmigrasi juga terus meningkat. Dari data masyarakat pendaftar bertransmigrasi mencapai sebanyak 853 KK," katanya.

Emil menegaskan, Pemprov Jatim memandang bahwa, sektor ketransmigrasian sama strategisnya dengan sektor lainnya, karena mengurusi masalah "wong cilik". Hal ini dibuktikan dengan terobosan yang dilakukan oleh Pemprov Jatim melalui kerjasama khusus dengan Pemkab Bulungan, Pemprov Kaltara, dan Pemerintah pusat lewat Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

"Kerjasama khusus ini telah dimulai sejak tahun 2012, melalui bantuan keuangan dari APBD Jatim untuk membiayai pembangunan rumah transmigran dan jamban keluarga, dan sarana air bersih," terangnya.

Dia menambahkan, melalui kerjasama ini sampai tahun ke 5, yakni tahun 2016, Jatim telah menempatkan transmigran sebanyak 800 KK dengan jumlah 2.464 jiwa. Transmigran pada tahun 2019 ini sebanyak 100 KK dengan jumlah 298 jiwa. Dengan demikian, selama 6 tahun total transmigran yang diberangkatkan Provinsi Jatim sebanyak 900 KK dengan jumlah 2.762 jiwa.

"Program sharing dana ini awalnya hanya di Provinsi Jatim yang melaksanakan, namun kemudian juga diikuti Provinsi Jateng dan Provinsi DIY," imbuhnya.

Emil meminta kepada semua transmigran agar memiliki niat, tekad, semangat dan kerja keras dalam memanfaatkan semua peluang yang ada. Apalagi, pemerintah telah menyiapkan segala fasilitas, sarana dan prasarana yang diperlukan mulai dari titik kumpul di desa sampai ke lokasi pemukiman transmigrasi. Fasilitas tersebut yaitu berupa rumah, lahan pekarangan, lahan usaha, dan alat-alat pertanian.

"Sudah banyak saudara-saudara bapak dan ibu semua yang berangkat lebih dulu telah berhasil disana. Maka semangat dan kerja keras harus terus ditanamkan dari sekarang agar kesuksesan tersebut juga bisa diraih bapak dan ibu sekalian," pinta mantan Bupati Trenggalek ini.

Dia berharap, kepada semua transmigran untuk bisa segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Serta mematuhi adat istiadat setempat, sehingga bisa lancar dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

"Meskipun panjenengan sudah tidak berada di Jatim, namun panjenengan akan selalu menjadi keluarga kami. Karena kami ingin membangun Indonesia tanpa sekat. Bahkan, kalau memungkinkan kami akan bersilaturahmi kesana," pungkas Emil.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi Pemprov Jatim yang memberikan sharing APBD untuk pembangunan RJTK dan SAB sejumlah 900 KK di lokasi Tanjung Buka, Bulungan, Kaltara. "Ini merupakan bentuk nyata komitmen Pemprov Jatim atas program yang telah digagas yaitu transmigrasi," ungkapnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6777 seconds (0.1#10.140)