Partai Golkar Tolak Usulan Pilpres Melalui MPR

Jum'at, 29 November 2019 - 12:53 WIB
Partai Golkar Tolak Usulan Pilpres Melalui MPR
Partai Golkar menolak usulan agar pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Golkar menanggapi usulan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) agar pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) oleh MPR. Partai berlambang pohon beringin itu tidak setuju dengan usul tersebut.

"Partai Golkar masih konsisten menginginkan semangat reformasi adalah pemilihan presiden secara langsung," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, Jumat (29/11/2019).

Sebab menurut Ace, Pilpres secara langsung adalah bentuk perwujudan dari kedaulatan rakyat. Partai Golkar yang memiliki paradigma baru reformasi konsisten mendorong agar pilpres tetap dipilih langsung oleh rakyat.

"Soal pandangan PBNU seperti itu ya serahkan kepada PBNU. Masing-masing organisasi punya pandangannya sendiri," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini.

Mengenai anggapan bahwa pemilu langsung menimbulkan biaya politik terlalu mahal, dia menilai masalah itu harus dicarikan solusinya. "Agar biaya politik tidak mahal tetapi kedaulatan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi ada pada rakyat karena suara rakyat adalah suara Tuhan itu betul-betul bisa diwujudkan di dalam kehidupan demokrasi kita," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7381 seconds (0.1#10.140)