Pembukaan SEA Games 2019, Upaya Filipina Perbaiki Citra yang Terpuruk

Sabtu, 30 November 2019 - 11:10 WIB
Pembukaan SEA Games 2019, Upaya Filipina Perbaiki Citra yang Terpuruk
Upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019) malam, akan menjadi ajang mengembalikan citra bagi Filipina setelah berbagai masalah muncul sebelum Opening Ceremony pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 berlangsung / Foto: Philstar
A A A
MANILA - Upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019) malam nanti akan menjadi ajang mengembalikan citra bagi Filipina setelah berbagai masalah muncul sebelum Opening Ceremony pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 berlangsung.

Chief Operating Officer (COO) Phisgoc, Ramon Suzura menjanjikan pembukaan event dua tahunan ini sangat mengesankan. "Ini akan menjadi sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya dan kami sedang melihat upacara pembukaan yang sangat mengesankan," kata Suzara dikutip dari Inquirer.

Phisgoc saat ini masih merahasiakan suguhan apa yang akan ditampilkan pada upacara pembukaan SEA Games 2019, nanti malam. Namun demikian, tak sedikit yang mempertanyakan tentang penempatan kaldron yang tingginya mencapai 50 meter senilai Rp15,2 miliar itu berada di Stadion Atletik dan Akuatik, New Clark City, Provinsi Tarlac.

Sedangkan Opening Ceremony berlangsung di Philippine Arena, Provinsi Bulacan atau 88 kilometer dari New Clark City. Sejauh ini informasi yang diberikan panitia penyelenggara tentang alasan penempatan kaldron di New Clark City masih sangat minim. Informasi yang dibeberkan hanya sebatas siapa atlet yang bakal menyalakan api SEA Games 2019 nanti.

Pejabat Phisgoc berharap bahwa upacara pembukaan memiliki efek yang cukup mengesankan mengingat dalam sepekan ini tuan rumah sempat menjadi perhatian dunia setelah masalah kesiapan logistik, transportasi, penginapan, hingga makanan halal muncul ke permukaan. Sekarang Phisgoc mencoba memfokuskan kembali perhatian publik pada sisi yang lebih positif dan melupakan sederet masalah yang sempat muncul ke permukaan sebelum upacara pembukaan SEA Games 2019 berlangsung.

Ketua Phisgoc dan Pembicara Alan Peter Cayetano berharap upacara pembukaan dapat mengembalikan citra tuan rumah setelah diterpa masalah. Komisi Olahraga Filipina (PSC), Butch Ramirez mengimbau kepada masyarakat Filipina untuk mendukung atlet nasional dalam upaya untuk membawa kebanggaan bagi negara.

"Kami akan memiliki 11 hari kompetisi, dan saya dapat melihat kontingen Filipina yang berkekuatan 1.496 atlet berjuang dengan segala nafas mereka dan mengerahkan upaya mereka ke tetes terakhir dari keringat mereka untuk membawa kehormatan ke negara ini, di depan mereka sendiri darah dan daging," kata Ketua PSC Butch Ramirez.

"Mari kita semua ingat bahwa bagi sebagian atlet ini, olahraga adalah jalan mereka menuju kehidupan yang lebih baik dan lepas dari lingkaran kemiskinan dan keputusasaan. Bagi mereka semua, ini adalah kesempatan mereka untuk mencapai impian mereka. Mereka semua pantas mendapatkan dukungan kami," tambahnya.

Pada upacara pembukaan nanti, Miss Universe 2015, Pia Wurtzbach, diperkirakan akan berbaris dengan Tim Filipina dalam defile dengan nuansa yang meriah. Selain itu, sejumlah selebriti seperti apl.de.ap dari band Black-Eyed Peas serta Christian Bautista akan menghibur penonton yang hadir di Philippine Arena.

Phisgoc mengklaim akan ada pertunjukan cahaya di Philippine Arena, sementara kembang api digital akan menerangi NCC. Seluruh program pembukaan diproduksi oleh perusahaan yang mengonsep Olimpiade London 2012. Panitia penyelenggara sejauh ini telah menyebat 10.000 tiket gratis kepada masyarakat Filipina.

Peningkatan Keamanan
Peningkatan keamanan jelang upacara pembukaan SEA Games 2019 mulai diperketat hingga berakhirnya acara event dua tahunan ini. Sejumlah barang seperti tas ransel, koper dilarang masuk ke dalam Philippine Arena maupun arena pertandingan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4581 seconds (0.1#10.140)