PT KAI Ubah 12 Gerbong KA Gaya Baru Malam Selatan Jadi Eksekutif

Sabtu, 30 November 2019 - 14:11 WIB
PT KAI Ubah 12 Gerbong KA Gaya Baru Malam Selatan Jadi Eksekutif
Pekerja di Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng tengah merenovasi KA GBMS.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero merenovasi 12 gerbong kereta ekonomi dari KA Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen/Jakarta menjadi kereta dengan fasilitas seperti eksekutif.

Ke-12 gerbong kereta dari KA GBMS dimodifikasi dalam dua tahap masing-masing sejumlah 6 gerbong kereta oleh pihak Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng. Pengerjaan tahap pertama telah selesai dilakukan dari tanggal 1 November hingga 30 November 2019. Sementara tahap kedua akan mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 nanti.

Keunggulan dari gerbong kereta ekonomi hasil modifikasi ini dari prototype sebelumnya adalah fasilitas pelayannya menyerupai fasilitas layanan seperti gerbong kereta eksekutif.

Perubahan fasilitas - fasilitas tersebut diantaranya jumlah tempat duduk dari 106 seat per gerbong kereta menjadi 80 seat, formasi tempat duduk 2 - 3 menjadi 2 - 2, AC berbentuk split dirubah menjadi AC package, Rak Bagasi biasa di modifikasi menjadi rak bagasi serupa dengan gerbong kereta eksekutif,

interior Toilet yang sebelumnya standar gerbong ekonomi dirombak menjadi toilet standar gerbong kereta eksekutif, dan dinding kereta yang sebelumnya berbahan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) diganti mengunakan bahan ACP ( Alumunium Composit Panel) yang lebih mudah dibersihkan dan mengkilat.

"Kami selalu berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Dengan peningkatan layanan tersebut, diharapkan transportasi kereta api bisa menjadi angkutan moda andalan bagi masyarakat dalam mobilisasinya. Dengan mobilisasi yang lancar dan aman, roda perekonomian bisa tumbuh dinamis," ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro saat launching reborn kereta GBMS di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Sabtu (30/11/2019).

Pengerjaan modifikasi (reborn) gerbong kereta GBMS ini dilakukan selama 30 hari oleh 20 pegawai Balai Yasa Gubeng. Sebagai bentuk pengenalan produk layanan baru ini, hari ini diadakan serangkaian acara seremonial di Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng yang melibatkan 30 anggota komunitas pecinta kereta api dan 20 anggota komunitas photografer Surabaya. Acara ini diisi dengan kegiatan bersih-bersih kereta reborn dan lomba foto

(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2032 seconds (0.1#10.140)