China Tuding Dewan HAM PBB Ikut Campur di Hong Kong

Minggu, 01 Desember 2019 - 21:14 WIB
China Tuding Dewan HAM PBB Ikut Campur di Hong Kong
China menuduh kepala Komisaris Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet melakukan campur tangan yang tidak pantas dalam urusan negara itu. Foto/Istimewa
A A A
BEIJING - China menuduh kepala Komisaris Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet melakukan campur tangan yang "tidak pantas" dalam urusan negara China di Hong Kong.

Pernyataan ini adalah respon atas seruan Bachelet untuk digelarnya penyelidikan atas dugaan penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi di Hong Kong.

Perwakilan Tetap China untuk PBB di Jenewa dalam sebuah pernyataan mengatakan, sebuah tulisan opini oleh Bachelet di South China Morning Post salah dan melanggar tujuan dan prinsip Piagam PBB.

"Artikel itu memuat komentar yang tidak pantas tentang situasi Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan mencampuri urusan dalam negeri China," kata Perwakilan Tetap China untuk PBB.

"China telah mengajukan protes keras kepada kantor Dewan HAM PBB di Jenewa. Tulisan Bachelet hanya akan mendorong para perusuh untuk melakukan kekerasan radikal yang lebih parah," kata dia seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (1/12/2019).

Dalam artikel yang dirilis kemarin, Bachelet mendesak pihak berwenang di Hong Kong untuk melakukan investigasi yang dipimpin oleh hakim independen dan imparsial yang adil terhadap laporan penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2304 seconds (0.1#10.140)