alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sempat Unggul Awal, Timnas Indonesia Akhirnya Kalah dari Vietnam

M Mirza
Sempat Unggul Awal, Timnas Indonesia Akhirnya Kalah dari Vietnam
Pemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki melompat saat mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama

MANILA - Timnas Indonesia U-23 tak berhasil mewujudkan ambisinya untuk meraih tiga kemenangan beruntun di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Garuda Muda harus gigit jari karena kalah 1-2 dari Vietnam U-23 meski sempat unggul 1-0 di babak pertama.

Indonesia semula berharap bisa meneruskan hegemoni positif yang sebelumnya sukses mengalahkan Thailand U-23 (2-0) dan Sigapura U-23 (2-0) saat melawan Fire Dragon Warriors di Rizal Memorial Stadium, Minggu (1/12).



Misi itu awalnya berpotensi terwujud lantaran Indonesia unggul dulu 1-0 pada menit ke-23 setelah Sani Rizki memanfaatkan blunder kiper Vietnam Bu Tien Dung yang kurang sempurna saat akan menangkap umpan silang Asnawi Mangkualam.

Tapi, kenyataannya malah berkata lain. Pada babak kedua, Vietnam malah mampu membalikan keadaan setelah mencetak dua gol beruntun. Gol penyama kedudukan terjadi pada menit ke-64 melalui Nguyen Thanh Chung.

Gol balasan Vietnam tercipta dari tendangan sudut di sisi kiri pertahanan Indonesia. Tak terkawal Nguyen mampu menyundul bola menuju sisi kiri penjaga gawang Indonesia. Bencana terjadi menjelang akhir laga.

Disaat laga diyakini akan berakhir 1-1, Vietnam kembali menjebol gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata lewat Nguyen Hoang Duc. Alhasil, skuad Merah Putih jadi tertinggal 1-2. Upaya meyamakan kedudukan sempat dilakukan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tidak berubah.

Akibat kekalahan ini, Indonesia harus turun ke posisi tiga dengan enam poin dari tiga laga, dan tertinggal tiga poin dari Vietnam. Meski demikian, peluang melaju ke semifinal tetap terbuka asalkan laga kempat melawan Brunei, Selasa (3/12) bisa dimaksimalkan.



(nth)

loading...