Prajurit Kostrad Ini Ajarkan Cara Berkebun Pada Siswa Perbatasan

Minggu, 01 Desember 2019 - 22:51 WIB
Prajurit Kostrad Ini Ajarkan Cara Berkebun Pada Siswa Perbatasan
Prajurit Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, mengajarkan cara berkebun untuk pelajar di perbatasan. Foto/Dok.Yonif Mekanis Raider 411
A A A
MERAUKE - Prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang bertugas di Pos Bupul 13, begitu semangat berkumpul dengan para pelajar SD Inpres Bupul 13.

Para prajurit anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini tersebut, mengajak para pelajar untuk berkebun di Kampung Kirelly, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

Kegiatan ini menjadi bagian dari outing class dengan tema berkebun. Para pelajar diajari cara menanam sayur mayur di pekarangan rumah yang lahannya tidak luas.

Komandan Satgas Pamtan Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengungkapkan, kegiatan belajar dengan penuh keceriaan ini, juga sebagai upaya membangun kebersamaan antara prajurit TNI, guru, dan siswa.

"Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danpos Bupul 13, Letda Inf. Yusri Khoirudin bersama empat orang anggotanya. Kegiatan outing class ini diisi dengan berkebun, yang meliputi cara menanam sayuran dan panen buah di Kebun Pos Bupul 13," terangnya.

Metode pembelajaran seperti ini, menurutnya merupakan yang pertama kali dilaksanakan di SD Inpres Bupul 13, dengan harapan para pelajar dapat bersikap bijak dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya.

Setiap hari belajar di dalam ruang kelas, dinilainya sudah biasa, maka tidak ada salahnya para prajurit TNI memberikan sesuatu yang beda pada proses edukasi positif yang patut dicoba.

"Dalam outing class ini, anak-anak diajarkan langsung oleh personel Pos Bupul 13 cara menanan sayur sekaligus cara merawatnya, selain itu dikenalkan juga macam-macam sayuran. Kemudian anak-anak diajak untuk memanen sayuran dan buah semangka yang ada di Kebun Pos Bupul 13 tersebut," ucap alumni Akmil tahun 2003 tersebut.

Sebelum terjun ke kebun, para pelajar juga mendapatkan materi di dalam kelas tentang tanaman dan lingkungan, yang diberikan oleh Letda Inf. Yusri Khoirudin.

Sementara itu Kepala SD Inpres Bupul 13, Ona Bernandus menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada para prajurit dari Pos Bupul 13 yang telah menggelar kegiatan outing class.

"Kegiatan ini sangat bagus dan mendidik siswa-siswi. Ini adalah yang pertama dan sangat bagus, terimakasih bapak-bapak TNI penjaga tapal batas," ucapnya.

Terpisah, Letda Inf Yusri Khoirudin yang merupakan alumni Akmil tahun 2018 tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan cara belajar yang menyenangkan dan ceria.

"Harapannya setelah kegiatan ini, anak-anak akan mengetahui cara berkebun dan manfaat dari mengkonsumsi sayuran sebagai asupan gizi yang sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan," tuturnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6199 seconds (0.1#10.140)