Gubernur Jatim Akhirnya Setujui Risma Berangkat ke Turki

Senin, 02 Desember 2019 - 11:38 WIB
Gubernur Jatim Akhirnya Setujui Risma Berangkat ke Turki
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Walikota Tri Rismaharini saat di Gedung Negara Grahadi.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya bisa bernafas lega setelah surat izinnya untuk berangkat ke Turki, disetujui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini tidak sendirian. Dia berangkat ke Turki bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai menghadiri HUT ke-48 Korpri di Gedung Negara Grahadi mengatakan, surat izin Risma hari ini akan masuk ke mejanya. “Jadi Insya Allah kita akan anu, ya (setujui),” ujarnya Khofifah, Senin (2/12/2019). Terkait alasan Risma disetujui untuk berkunjung ke Turki, Khofifah enggan untuk menjawab. “Ah sudahlah, sudah,” tambah kata Khofifah.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan, sebelumnya, Risma sudah melayangkan surat izin ke Gubernur Jatim beberapa waktu lalu.

Sayangnya, surat izin tersebut tidak lengkap. Pemkot Surabaya diminta melengkapi agar disetujui Gubernur. “Harus dilengkapi supaya ditandatangani gubernur. Mana yang APBD dan mana yang dibiayai oleh penyelenggara,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Aries, Risma datang ke Turki tidak sendirian. Melainkan didampingi sejumlah kepala OPD. Dalam surat Risma yang diterima Khofifah, dilampirkan juga surat undangan dari Turki.

Rupanya surat itu berbunyi bahwa, hanya Wali Kota Surabaya saja yang biayanya ditanggung pemerintah Turki. Sementara kepala OPD yang mendampingi, bersumber dari APBD. “Sepanjang administrasinya lengkap akan disetujui ibu Gubernur,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara saat dikonfirmasi via telepon mengaku tidak tahu menahu bahwa Risma akan berangkat ke Turki. “Sebentar tak tanya arek-arek dulu ya. Bukan saya soalnya,” katanya.

Diketahui, Risma pada 11 hingga 13 Desember mendatang berencara melakukan kunjungan ke Turki. Kunjungan orang nomor satu di Surabaya untuk menghadiri undangan dari Partai Pembangunan dan Keadilan (AK Party Women’s Wing), Republik Turki. Risma diminta untuk berpartisipasi dalam forum internasional dengan tema ‘International Forum of Women in Local Governance’.

Forum ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Hak Perempuan di Turki dan akan dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kabar Risma yang hendak berangkat ke Turki itu diketahui dalam website resmi Pemkot Surabaya, yakni https://surabaya.go.id/id/berita/52843/dinilai-berprestasi-wali-kota. (lukman hakim)
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8595 seconds (0.1#10.140)