alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sutiaji Kenalkan Program Ojir, Program Apakah Itu?

Yuswantoro
Sutiaji Kenalkan Program Ojir, Program Apakah Itu?
Wali Kota Malang, Sutiaji berdialog dengan warga Kelurahan Madyopuro. Foto/Humas Kota Malang

MALANG - Upaya membangun UMKM di Kota Malang, terus dilakukan. Salah satunya di Kelurahan Mardyopuro, melalui "Gerakan Masyarakat Madyopuro Bersatu" (Gemmastu).

"Gemmastu ini mencakup RW 1-6 Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, dibentuk dengan semangat untuk mengembalikan serta menguatkan nilai nilai keguyuban dan berkomitmen mengembangkan UMKM lokal," ujar Ketua Gemmastu, Dayat.

Gerakan dengan semangat kegotong royongan ini, juga menghadirkan Wali Kota Malang, Sutiaji. Salah satunya saat digelar pendidikan dan pelatihan kemasyarakatan yang diinisiasi Gemmastu di kawasan kampung makam Gribig, Senin (2/12/2019).



"Yang namanya pemerintah itu diberikan amanah karena dibangun dari sebuah nilai-nilai jamaah (guyub rukun)," ujar Sutiaji, Malang saat memberikan materi pendidikan dan pelatihan kemasyarakatan tersebut.

Lebih lanjut Sutiaji mengatakan, dalam sebuah kaidah jamaah, tidak boleh ada yang merasa lebih super atau lebih baik daripada yang lainnya.

"Ini sangat bagus, ada inisiatif yang muncul dari bawah (masyarakat), dengan membentuk paguyuban (Gemmastu). Apalagi di sini juga diisi dengan langgam pendidikan sadar hukum,  sadar kebangsaan, sadar kenegaraan, dan sadar kehidupan kemasyarakatan. Spirit ini harus tetap dijaga," ujarnya.

Kepada warga Madyopuro, Sutiaji juga menginformasikan akan meluncurkan program inovatif Ojir, yaitu Ojo Percoyo Karo Renternir (jangan percaya sama rentenir), yang direncanakan diluncurkan Jumat (6/12/2019).

Program ini, diakuinya merupakan satu kesatuan utuh dari gerakan membendung praktik bank titil yang menyusahkan masyarakat, tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Maka saya minta kepada Camat, Lurah dan tokoh masyarakat untuk melakukan pendataan di lingkungannya, sekiranya ada warganya yang terjerat bank titil, ayo kita entaskan bersama. Akan kita bantu melalui skema kredit non bunga lewat BPR Tugu Artha. Ada pun beban (bunga) akan dibantu oleh Baznas Kota Malang," ungkapnya.



(eyt)

loading...