alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelindo III Dukung Realisasi Hadirkan 20 Juta Wisatawan

Lukman Hakim
Pelindo III Dukung Realisasi Hadirkan 20 Juta Wisatawan
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berupaya merealisasikan pemenuhan target 20 juta wisatawan datang ke Indonesia tahun 2019. Foto/Dok.

SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, turut berusaha keras untuk merealisasikan pemenuhan target 20 juta wisatawan datang ke Indonesia tahun 2019.

Operator kepelabuhanan pelat merah itu telah menyiapkan sejumlah infrastuktur penunjang yang terdapat pada sejumlah pelabuhan dibawahnya.

Mulai dari perbaikan area gedung pelabuhan, pengerukan alur dan kolam hingga menambah panjang dermaga sesuai standart agar kapal cruise bisa bersandar.



"Kami telah memiliki enam pelabuhan yang bisa dilalui dan digunakan bersandar oleh kapal cruise. Diantaranya pelabuhan Tanjung Mas, Tanjung Perak, Benoa,  Celukan Bawang, Lembar dan Gili Mas," kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam rapat kerja hari ke dua di kantor Pelindo III bersama sejumlah Kementerian dan Kepala Daerah, Selasa (3/12/2019).

Dengan hadirnya pelabuhan berstandart kapal cruise ini, lanjut dia, diharapkan bisa mendongkrak potensi wisata wilayah di sekitar pelabuhan tersebut. Hingga akhir November 2019 tercatat 124 unit kapal cruise bersandar di pelabuhan Pelindo III.

Sementara di tahun 2020 Pelindo III sudah menerima 79 booking kunjungan dari sejumlah perusahaan kapal cruise yang akan membawa wisatawan asing. "Kami terus menambah kapasitas dermaga dan fasilitas pendukung lainnya. Sehingga kapal cruise bisa sandar di dermaga," terangnya.

Sementara Direktur Kepelabuhanan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan Subagiyo, mengapresiasi kesiapan Pelindo III yang telah menyiapkan infrastruktur pelabuhan yang memadai. Ini mengingat sektor perhubungan laut menjadi tanggung jawab bersama antara Kementerian Perhubungan dengan Pelindo III.

"Sektor pariwisata saat ini terus dipacu oleh pemerintah agar bisa memperoleh pendapatan negara melebihi sektor migas. Sehingga ini menjadi salah satu sektor unggulan destinasi wisata premium," ujarnya.



(eyt)

loading...