Arab Saudi Tegaskan sebagai Negara Islam Moderat

Senin, 24 September 2018 - 15:37 WIB
Arab Saudi Tegaskan sebagai Negara Islam Moderat
Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman. Foto/SPA
A A A
RIYADH - Arab Saudi menegaskan diri sebagai negara Islam moderat yang menolak keberadaan terorisme dan ekstremisme. Negara yang didirikan dinasti al-Saud ini menegaskan hal itu pada hari ulang tahun (HUT) ke-88 pada 23 September 2018

Penegasan prinsip sebagai negara Islam moderat itu disampaikan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam pidato untuk perayaan ulang tahun Kerajaan Arab Saudi.

Pangeran Mohamed mengatakan momen Hari Nasional Saudi merupakan kesempatan untuk mengingat prestasi pendiri negara, almarhum Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al-Saud dan para penerusnya.

Dia menyoroti upaya rakyat Saudi untuk mencapai tujuan Visi 2030 dan menggarisbawahi keberhasilan besar penyelenggaraan musim haji tahun ini.

Putra Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ini lantas menekankan bahwa Arab Saudi akan tetap teguh pada prinsip-prinsip Islam toleran, agama moderasi, dan dalam memerangi ekstremisme dan terorisme. "Tidak ada yang akan diizinkan untuk menyerang kedaulatan kerajaan atau merusak keamanannya," katanya.

Berikut terjemahan pidato Putra Mahkota Saudi yang dikutip dari Al Arabiya, Senin (24/9/2018).

Negara besar kita merayakan hari ini dengan memanggil kembali Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al-Saud—semoga Tuhan merahmatinya—yang dengan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa—menyatukan bangsa ini dan meletakkan pilar negara dan setelah dia, putra-putranya menyelesaikan proses membangun entitas besar ini.

Pada hari ini, kami bangga akan tanah air kami dan prestasi dan posisinya di tingkat internasional, Islam dan Arab serta perannya yang berpengaruh dalam mencapai keamanan dan perdamaian regional dan internasional. Prestasi ekonomi dan perkembangan dalam sebuah karya institusional yang bertujuan mencapai kemakmuran ekonomi dan jaminan sosial dengan upaya putra dan putrinya. Konvergensi semua lembaga pemerintah dan pembentukan prinsip-prinsip transparansi dan keadilan untuk meningkatkan integritas dan memerangi korupsi. Dan berusaha untuk mencapai tujuan Visi 2030, yang menantikan masa depan dan berusaha untuk menempatkan negara kita yang berharga di garis depan negara-negara dengan tindak lanjut terus-menerus, dukungan dan pemandu murah hati dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Peristiwa berharga ini mengharuskan kita untuk berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas kemurahan hati negara kita untuk melayani Dua Masjid Suci dan untuk merawat para jamaah haji, umrah dan pengunjung. Perhatian yang telah tercermin dalam keberhasilan besar dari musim haji terakhir dan berkah konstan dari Tuhan kepada mereka yang telah mengabdikan diri pada upaya Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan orang-orangnya yang ramah. Dan perhatiannya yang terus-menerus untuk pembangunan berkelanjutan guna melayani mereka yang mengunjungi Tanah Suci dan memastikan bahwa mereka melakukukannya dengan mudah.

Tanah air kita yang tercinta, dari mana Islam muncul dan dari mana cahaya-cahaya nubuat telah ditunjukkan, akan tetap teguh dalam prinsip-prinsip agama yang benar, agama toleransi dan moderasi; dan pejuang yang melawan ekstremisme dan terorisme, sebagaimana ditegaskan oleh Penjaga Dua Masjid Suci ketika dia mengatakan; “Tidak ada tempat di antara kita untuk seorang ekstremis yang melihat moderasi sebagai pembubaran dan mengeksploitasi doktrin kita yang penuh kasih untuk mencapai tujuannya. Tidak ada tempat bagi seseorang yang melihat dalam perang kita melawan ekstremisme sebagai sarana untuk menyebarkan degradasi moral dan mengeksploitasi agama untuk mencapai tujuannya".

Tidak ada yang akan diizinkan menyerang kedaulatan tanah air kita atau merusak keamanannya. Kami ingin menghormati upaya-upaya murah hati dari rekan senegara kami di semua bidang, terutama di antara mereka para prajurit dari tanah air dan petugas keamanannya, yang telah menulis epos heroik terbaik untuk membela agama dan tanah air. Memohon Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memberikan pengampunan dan belas kasihan kepada para martir dan kesehatan bagi mereka yang sedang memulihkan diri.

Sementara itu, Raja Salman melalui Twitter berharap Saudi mencapai lebih banyak kesuksesan di tahun-tahun mendatang.

"Segala puji bagi Alloh, yang telah memberkati negara kita dengan keamanan dan stabilitas, dan menganugerahi kita dengan pelayanan Dua Masjid Suci," tulis Raja Salman.

"Kami menantikan hari peringatan agung hari nasional kami untuk lebih sukses untuk mencapai kebaikan dan kemakmuran bagi bangsa dan rakyatnya," lanjut dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9809 seconds (0.1#10.140)