Puting Beliung Hantam Pulau Rote, 1 Anak Perempuan Terluka

Rabu, 04 Desember 2019 - 17:57 WIB
Puting Beliung Hantam Pulau Rote, 1 Anak Perempuan Terluka
Puting beliung menerjang Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Satu orang terluka akibat kejadian ini. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Angin puting beliung menerjang kawasan Dusun Nggelak, Desa Meoain, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 15.00 WIT.

Akibat terjangan angin tersebut, satu anak perempuan yang diketahui bernama Viona Adu (10) mengalami luka. "Korban sudah mendapatkan penanganan medis," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB), Agus Wibowo.

Selain menyebabkan korban luka, angin puting beliung tersebut juga merusak atap rumah warga, dan pos polisi rusak karena terbawa angin. Diperkirakan, kerugiannya mencapai Rp1,5 juta.

Agus juga menyebutkan, menurut informasi dari petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kejadian ini merupakan venomena puting beliung di laut atau istilahnyawater spot, terjadi karena adanya perbedaan suhu udara di lautan dengan daratan.

Lebih lanjy dia menyebutkan, saat sore hari suhu di laut lebih rendah dibanding masa udara lainnya. Jadi ada penumpukan masa udara di daratan. Waktu kejadiannya tidak lama, hanya sekitar dua menit. Biasanya terjadi pada sore hari dan saat musim pancaroba.

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9835 seconds (0.1#10.140)