alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

NU Kediri Soroti Munculnya 'Khilafah' di Ujian Siswa Aliyah

Solichan Arif
NU Kediri Soroti Munculnya Khilafah di Ujian Siswa Aliyah
Lembar soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah di Kediri, yang memunculkan terminologi khilafah. Foto/Ist.

KEDIRI - Terminologi "Khilafah" muncul di materi soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Kediri tersebut, menuai reaksi dari PCNU setempat.

PCNU Kabupaten Kediri, menyoroti munculnya terminologi mata pelajaran Fikih untuk kelas XII MA. Dalam rilisnya Taufiq Dwi Kusuma, Sekretaris LPBH NU Kabupaten Kediri, menilai soal yang diujikan ke siswa mengandung muatan indoktrinasi. "Proses indoktrinasi didalam materi pelajaran ini sangat terlihat," ujarnya, Rabu (4/12/2019).

Soal ujian itu diketahui pertama kali dari adanya laporan warga nahdliyin yang kebetulan juga wali murid. Pada lembar pertama materi terdapat tujuh soal tentang khilafah yang satu sama lain saling berkaitan.



Dari soal pertama hingga ketujuh, muncul nuansa penggiringan fikiran tentang khilafah. Bagaimana konsep khilafah diperlukan.

Menurut Taufiq, ini bukan pendidikan, melainkan indoktrinasi dimana seseorang diharapkan tidak mempertanyakan atau secara kritis menguji doktrin yang telah mereka pelajari.

Dan konsep khilafah tidak cocokĀ  diterapkan di Indonesia yang berbhineka tunggal ika. "Ini penggiringan," paparnya.

Taufiq mensinyalir ada peran HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) di belakang persoalan ini. Meski telah dilarang dan dibubarkan, para simpatisan HTI diduga masih bercokol di lingkungan Kemenag.

"Sebab HTI lah yang pertama kali mendengungkan terminologi khilafah," paparnya menjawab alasan tudingan HTI ada dibelakang polemik ini.

Dalam persoalan ini LPBH NU Kabupaten Kediri meminta Kemenag wilayah Kediri utara yang meliputi Kabupaten Kediri, Kota Kediri, dan Kabupaten Nganjuk, merevisi ulang soal ujian.

Kemudian juga meminta dilakukan koreksi pelajaran sehari hari serta mengevaluasi total seluruh mata pelajaran, khususnya yang berkaitan soal khilafah.

Jika hal ini diabaikan, Taufiq mengancam akan membawa persoalan ke jalur hukum. "Kita juga akan melaporkan ke Menteri Agama," tegasnya.



(eyt)

loading...